Categories
Informasi Umum

5 makanan ini Sangat Bagus untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bagaimana cara merawat kesehatan mata, Ini adalah makanan yang ampuh dalam mengobati dan menjaga mata

Mata mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Di saat melakukan aktivitas apa pun pasti akan terganggu jika kita mengalami sakit mata dan tidak dapat melihat dengan baik.

agar mata tetap sehat
Mata sehat

Untuk menjaga mata kita supaya tetap sehat salah satunya ialah mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin yang diperlukan untuk mata. Yaitu vitamin-vitamin yang dapat:

  • Mendukung fungsi dari kornea
  • Melindungi mata dari kerusakan oksidatif
  • Melawan radikal bebas
  • Serta vitamin yang dapat membantu mata untuk dapat melihat dalam kondisi cahaya yang rendah.

Vitamin-Vitamin yang baik untuk mata ialah Vitamin A, B, C, E, dan beta-karoten.

Makanan untuk merawat kesehatan mata

Dalam sebuah studi di tahun 2001 yang berjudul The Age-Related Eye Disease menemukan nutrisi tertentu yang dapat menurunkan resiko penurunan kesehatan mata sebanyak 25 persen. Nutrisi tersebut diantaranya seng, tembaga, vitamin C, vitamin E dan beta-karoten.

Berikut ini adalah 5 makanan yang sangat bagus untuk merawat kesehatan mata dan tentu juga bisa mengobati mata jika di konsumsi rutin.

1. Ikan

daging ikan salmond
Daging ikan salmond

Dalam tubuh ikan terdapat banyak sekali kandungan minyak loh, terutama di bagian usus dan jaringan tubuh.

Kandungan minyak ikan itu kaya sekali akan sumber asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh mata. Manfaat dari asam lemak omega 3 ialah menyehatkan retina, mencegah katarak, membantu memulihkan mata kering, seperti yang disebabkan karena terlalu lama menatap layar komputer.

Dari berbagai jenis ikan, ikan yang mempunyai asam lemak omega 3 yang tinggi ialah Tuna, salmon, sarden, kembung, trout, teri, dan haring.

2. Kacang-kacangan

kacang almond jadi minuman susu
Susu almond

Kacang juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, serta Vitamin E yang dapat membantu dalam meningkatkan penglihatan.

Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata adalah kacang almond, mete, brasil, kenari, tanah dan lentil.

Tidak hanya enak untuk dijadikan sebagai camilan ataupun minuman susu kacang almond. Studi menunjukkan, makan kacang setiap hari efektif untuk mengontrol mata minus atau miopia.

3. Buah Wortel

buah wortel jadi jus
Jus wortel

Wortel yang biasanya digunakan untuk membuat sayur bening. Wortel mempunyai kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh mata. Tidak hanya mengandung vitamin A saja. Wortel juga mengandung beta-karoten yang menjadikan wortel berwarna orange. Beta-karoten pada wortel akan membantu tubuh dalam menyerap kandungan vitamin A.

Di kandungan proteinnya juga terdapat kandungan komponen lain yang disebut rhodopsin. Rhodopsin ini baik untuk retina mata, ia berfungsi membantu menyerap cahaya dengan baik.

Wortel bersifat keras, jadi cobalah membuat jus buah wortel untuk mengkonsumsinya.

4. Daun Sayuran Hijau

daun dari sayur sayuran hijau
Sayur hijau

Sayuran hijau berdaun itu kaya akan lutein dan zeaxanthi. Jika pada tanaman lutein dan zeaxanthi berfungsi untuk tidak penyerapan energi sinar matahari yang berlebih sehingga tidak akan merusak tanaman.

Lutein dan zeaxanthi ditemukan pada di mata pada bagian makula, lensa, dan retina. Sehingga, kedua zat ini berperan penting dalam menjaga mata dan membuat mata lebih sehat.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak pada mata.

Zat lutein dan zeaxanthin dapat ditemukan di berbagai sayuran, seperti bayam, kale, brokoli, dan collard hijau.

5. Daging Sapi

daging sapi segar
Daging Sapi

Daging sapi kaya akan zat seng, zat ini akan membantu menunda hilangnya penglihatan yang diakibatkan oleh usia dan degradasi manula.

Agar mata selalu sehat, tidak harus hanya menjaganya dengan pola makan. Akan tetapi hal terpenting dalam mencegahnya dari hal-hal yang merusak mata. Diantaranya:

  • Menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan, karena paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan mata menjadi katarak.
  • Berhenti merokok
  • Istirahatkan mata dari melihat komputer atau smartphone. Cobalah menggunakan metode 20-20-20, yakni istirahat dari komputer di setiap 20 menit dengan melihat objek/benda yang berjarak 20 kaki (sekitar enam meter) selama 20 detik.