Rekomendasi Merk SSD laptop yang bagus dan murah

Memilih SSD (Solid State Drive) yang tepat untuk laptop maupun Komputer desktop ternyata cukup membingungkan, ada banyak sekali pilihan merk dan jenis di pasaran. Jika Anda melihat dari spesifikasi produknya, semua hampir menawarkan spesifikasi yang mirip.

Sebelum membeli, pastikan Anda memahami kriteria SSD yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, kapasitas, kualitas, harga dan lain sebagainya. Untungnya Anda tidak perlu mencari satu per satu, karena di sini kami akan membantu Anda menemukan SSD murah, bagus dan layak untuk dibeli.

beberapa ssd untuk laptop yang bagus

1. ADATA SU650

ADATA termasuk produsen memori dan penyimpanan asal Taiwan, produknya juga terkenal secara global. Tentunya produk mereka memiliki quality control yang baik, sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

ADATA SU650 jadi seri terendah dari SSD mereka dijual dengan harga menengah, namun SSD ini ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Untuk ketersediaannya, terdapat varian 240GB, 256GB, 480GB, 512GB, 960GB, 1TB, dan 2TB.

2. PNY CS900

PNY Technologies, perusahaan asal Amerika serikat yang memproduksi memori dan penyimpanan. Salah satunya PNY CS900, SSD kelas terjangkau dengan harga mulai 170 ribuan. Ada banyak varian yang tersedia, dari 120GB hingga 8TB. Di Indonesia mungkin hanya tersedia varian tertentu saja.

3. V-Gen Platinum

Brand penyimpanan memori yang mungkin sudah kita dengar sejak lama, berdiri sejak 1999, bahkan namanya cukup populer di Indonesia, yaitu V-Gen. Menurut saya harga produk V-Gen tergolong murah dibanding yang lainnya.

SSD V-Gen seri Platinum tersedia dalam varian 128GB, 256GB, 512GB, 1TB, 2TB, dan 4TB. Memiliki garansi yang panjang hingga 5 tahun.

Jika Anda mencari spek di bawahnya, ada V-Gen RESCUE dengan kemampuan sedikit lebih rendah dan garansi 3 tahun.

Link pembelian SSD V-Gen TokopediaShopee

4. Kaizen Prestige

Kaizen Prestige adalah SSD dari merk KYO, brand lokal Indonesia yang berfokus pada pembuatan produk komputer dan laptop yang berkualitas. Bahkan bisa bersaing dengan merk terkenal seperti ADATA, TeamGroup, dan V-Gen. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat banyak orang tertarik untuk memilih produk ini.

SSD Kaizen Prestige adalah seri premium dari KYO yang dilengkapi dengan casing metal. SSD ini tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas, mulai dari 128GB hingga 1TB. Dengan harga yang berkisar antara Rp 170 ribuan hingga Rp 900 ribuan, Kaizen Prestige menjadi pilihan menarik bagi banyak pengguna yang menginginkan penyimpanan berkualitas dengan harga yang masih terjangkau.

Untuk versi yang lebih terjangkau, KYO juga menawarkan seri KAIZEN, dengan harga yang lebih rendah. Namun, memiliki daya tahan yang kurang andal dibandingkan dengan seri Kaizen Prestige, sehingga mungkin kurang cocok untuk penggunaan berat atau jangka panjang. Dari segi jaminan keduanya memiliki masa garansi 5 tahun.

Link pembelian SSD Kaizen TokopediaShopee

5. VenomRX SUPER

VenomRX, Brand ini memproduksi berbagai komponen komputer dengan tujuan menghadirkan produk berkualitas namun dengan harga tetap terjangkau, sehingga lebih banyak orang dapat menikmatinya.

SSD VRX SUPER hadir dengan beberapa pilihan kapasitas, mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1TB dan 2TB. Jika dibandingkan dengan SSD lain di kelasnya, harga VRX SUPER relatif lebih murah, menjadikannya pilihan yang menarik untuk Anda yang mencari penyimpanan dengan performa baik.

6. ETOPSO

Meskipun terdengar baru, ETOPSO bukanlah sekadar brand biasa. Ini adalah merk global yang memiliki pabrik sendiri dan dapat menjamin kualitas produknya. Meski produknya belum terlalu populer di pasar Indonesia, ETOPSO menawarkan harga yang tergolong di kelas menengah. Jika Anda tertarik dengan produk mereka, tidak perlu ragu untuk mempertimbangkannya sebagai pilihan yang layak.

Mereka menawarkan banyak pilihan SSD dengan kapasitas mulai dari 128GB hingga 1TB.

7. TEAMGROUP

TEAMGROUP adalah brand terkenal yang fokus pada produk memori dan penyimpanan. Mereka telah memperkenalkan banyak inovasi dalam dunia SSD, mulai dari kelas standar hingga yang dirancang untuk pengguna profesional. Dengan berbagai pilihan produk yang berkualitas, TEAMGROUP berhasil menjadi salah satu merk andalan bagi pengguna yang mencari performa tinggi dan keandalan dalam penyimpanan data.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi SSD murah yang bisa Anda jadikan referensi saat membeli SSD untuk laptop maupun komputer. Harga rata-rata untuk varian termurah berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 190 ribu.

Jika Anda ingin mencari rekomendasi lainnya cobalah SSD di bawah ini. Yang kualitasnya juga sangat layak karena punya pabrik dan kualitas kontrol yang baik.

  • Apacer Panther AS340
  • Kingston
  • Western Digital

Perlu diingat bahwa kualitas SSD bisa berbeda-beda, meskipun produk berasal dari pabrik yang sama dan sudah terjamin. Meskipun demikian, rekomendasi di atas tetap bisa menjadi pilihan bagus untuk mempertimbangkan SSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika budget Anda terbatas dan ingin mencari SSD dengan harga lebih murah, berikut beberapa opsi yang tersedia dengan kisaran harga di bawah Rp 150 ribu:

  • DST
  • Wellcomm Master Elite
  • Genuine

Kebanyakan SSD dengan harga sangat murah ini memang tidak memiliki merk yang jelas. Namun, berdasarkan beberapa ulasan, kualitasnya termasuk cukup baik. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa kualitas SSD yang Anda beli nanti akan selalu sesuai dengan harapan.

Add Comment