AI vs ML – Apa Perbedaannya?

Perbedaan AI (artificial intelligence) dan ML (machine learning)

AI (Artificial Intelligence), atau kecerdasan buatan. Saat ini banyak chip yang telah ditanamkan AI di dalamnya. Sehingga dengan chip seperti ini banyak ponsel sekarang menjadi canggih-canggih.

Tapi pernahkan kamu menemukan Fitur Machine Learning (ML). dalam dunia teknologi. Fitur machine learning atau pembelajaran mesin ini juga memiliki kemampuan yang canggih, yaitu kecerdasan.

Sama-sama memiliki kecerdasan, tapi apa yang membuat keduanya berbeda. Berikut adalah perbedaan AI dan ML.

AI (Artificial Intelligence)

Atau sebuah kecerdasan buatan. Dalam istilahnya AI adalah mesin yang dapat meniru fungsi kognitif yang biasanya dikaitkan dengan manusia, seperti dalam melakukan pembelajaran atau dalam memecahkan masalah. Bisa dikatakan juga dengan Ai, mesin dapat memahami atau berpikir sendiri.

Ini merupakan istilah umum bagi perangkat lunak atau perangkat keras yang dimungkinkan mesin bisa meniru kecerdasan manusia.

ML (Machine Learning)

Atau suatu pembelajaran mesin. Ini adalah salah satu bagian dari AI, yang digunakan unu\tuk menyampaikan kecerdasan itu. Suatu teknik untuk menganalisis data yang memungkinkan sistem untuk ‘belajar’ dari sejumlah data besar, mengidentifikasi pola dan membuat keputusan dengan campur tangan manusia se-minimal mungkin.

AI (Artificial Intelligence)AI (Artificial Intelligence)
Meningkatkan peluang keberhasilan dan dan bukan akurasiMeningkatkan akurasi, tetapi tidak peduli dengan kesuksesan
Melakukan pekerjaan dengan cerdasMengambil data dan belajar dari data
Dapat berpikir untuk menyelesaikan masalahBelajar dari data yang ada lalu menyimpulkan penyelesaian seperti yang telah dipelajari
Mengambil keputusanMempelajari Hal-hal baru dari data
Dapat meniru manusia untuk merespon perilaku dalam suatu keadaanMenciptakan algoritma belajar mandiri
AI akan mencari solusi yang optimalML hanya akan mencari solusi sesuai yang telah dipelajari, apakah itu optimal atau tidak
AI mengarah ke kecerdasan atau kebijaksanaanML mengarah ke pengetahuan

Singkatnya bisa dikatakan Ml atau pembelajaran mesin menggunakan pengalaman untuk mencari sesuatu yang dipelajari. Sedangkan AI atau kecerdasan buatan menggunakan pengalaman untuk memperoleh pengetahuan dan menerapkan pengetahuan itu di lingkungan baru.