Fakta AMD Ryzen 4000 Renoir, bisakah segara membelinya

Ryzen 4000 apu untuk desktop telah diumumkan amd pada 21 juli 2020, dengan kode nama renoir. Dan beberapa model athlon gold baru juga keluar.

Mungkin bagi kalian yang menunggu perilisan dan ketersediaannya dalam penjualan retail, atau eceran pasti akan agak kecewa. Karena Amd menetepkan produknya tersebut hanya dalam ketersediaan OEM. Yang artinya produknya dijual dalam sebuah pc rakitan. Seperti yang bisa kalian cek penjualannya di online store, kalian akan bisa mendapatkan rakiran PC dengan prosesor renoir baru-nya AMD.

Sekilas tentang ryzen 4000G renoir

Varian renoir yang dikeluakan amd terdiri dari 2 model, yaitu pro dan non-pro. Dengan pro yang ditujukan untuk kelas bisnis karena memiliki fitur keamanan yang canggih, dan dapat berguna untuk melindungi data-data penting. Lalu non-pro untuk para konsumen.

Ada 6 model apu ryzen 4000 diantaranya:

  1. Ryzen 7 pro 4750g
  2. Ryzen 5 pro 4650g
  3. Ryzen 3 pro 4350g
  4. Ryzen 7 4700g
  5. Ryzen 5 4600g
  6. Ryzen 3 4300g

Performa renoir memberikan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya berkat teknologi 7nm yang diterapkan oleh amd. Tetapi para konsumen sepertinya agak terhambat untuk menjajal performa ryzen apu 7nm tersebut.

Masalah serius

Baru-baru ini terdapat berita yang mengatakan, amd kekurangan pasokan produksi untuk produknya.

Berita ini berawal dari sebuah akun di reddit yang bernama XMG_gg, yang memposting bahwa mereka mengalami kendala dalam pemasokan cpu ryzen 4800h.

Akun tersebut juga telah dikonfirmasi, itu adalah akun resmi karyawan XMG. XMG adalah brand perusahaan dari german yang membuat custom pc dan notebook.

Inti dari postingan di reddit tersebut adalah penundaan pengiriman cpu ryzen 7 4800h dengan jumlah lebih dari 1600 unit.

Ryzen 7 4800h adalah salah satu cpu mobile amd yang menggunakan arsitektur zen 2. Yang banyak diminati karena performanya yang cepat dan cukup irit daya. Ya tentunya dengan harga yang lebih murah. Sehingga membuat teknologi baru dari amd ini menjadi incaran banyak orang.

Yang dimana cpu tersebut seharusnya dikirim pada pertengahan atau akhir bulan agustus. Tetapi pihak ODM mengirimkan surat bahwa permintaan akan di tunda hingga akhir september. Itu terjadi terselah ryzen desktop apu renoir di luncurkan.

Jelas amd sepertinya mengalami peningkatan kepopuleran. Tentunya berimbah pada peningkatan permintaan produk mereka. Tentu ini adalah masalah serius, mengingat mereka adalah perusahaan finansial yang lebih kecil dari intel dan mereka tidak memiliki pabrik sendiri.

Mengingat AMD mengandalkan pembuat chip TSMC untuk produksi. TSMC juga adalah populer di NVIDIA dan juga perusahaan besar lainnya. Yang juga menggunakan TSMC untuk memproduksi chip. Ini membuat amd tidak bisa dengan cepat meningkatkan produksinya dan menyesuaikan permintaan saat ini.

Akhirnya teknologi AMD mendapat pandangan yang cukup bagus. Dan menerima pesanan yang sangat banyak. Mungkin disini kita sudah tahu bahwa teknologi amd menjadi sangat populer. Banyak laptop yang telah mengusung teknologi amd ryzen yang menawarkan performa handal. Dan ini menjadi lirikan banyak orang yang sedang mencari laptop yang memiliki karakter harga miring dengan kecepatan lebih. Terlebih lagi laptop china dengan spesifikasinya mewah di harga yang rendah.

Ini bisa menjelaskan

Dari apa yang ada di berita tersebut bisa menjadi penjelasan kenapa prosesor renoir amd yang pertama kali dirilis belum tersedia banyak di pasaran dan bahkan setelah 2 minggu lebih baru seri pro yang keluar. Dan itupun di sediakan dalam bentuk OEM (pc rakitan).

Prosesor mobile terbaru AMD sedang menjadi populer-populernya saat ini. Varian desktop renoir sedang ditunggu-tunggu banyak orang.

Sepertinya disamping kepopulerannya, AMD harus berjuang untuk memasok prosesor mereka secepatnya.

Kemudian ada pengecer luar yang memanfaatkan situasi ini untuk menjual dalam bentuk eceran. Dan begitu juga di indonesia. Dengan harga yang cukup mahal.

Apa pendapat kalian dengan ini, yang sepertinya banyak konsumen ingin mendapatkan prosesor apu terbaru amd ini dengan harga eceran.