Categories
Android Teknologi

Rombakan baru di android 10, dan hal menarik Tentangnya

Android 10, sistem operasi ponsel dari Google. OS ini sebelumnya dikenal juga sebagai Android Q, tetapi mulai di versi ini Android hanya akan bernama Android lalu diikuti dengan angka versi.

Ya, Google tidak lagi menggunakan penamaan makanan pada OS android miliknya. Menurut dia, penyederhanaan nama ini bisa lebih memperjelas dan lebih terhubung dengan para pengguna di seluruh dunia.

Memang benar, coba kalau namanya menggunakan nama makanan. Dan nama makanan itu terdengar asing di beberapa negara. Pastinya orang di negara itu akan terasa aneh dalam menyebutkan nama dari versi Android Google.

Logo baru Android

Selain itu logo dari Android juga mengalami pembaruan. Google mengatakan ini akan memberikan tampilan yang lebih modern dan kemudahan akses kepada semua orang. Logo baru itu menempatkan kata “Android” sejajar dengan kepala robot Android, yang sebelumnya ditempatkan di bawahnya.

Android 10 fokus dalam mempermudah kehidupan keseharian, dengan adanya fitur-fitur yang didukung oleh pembelajaran mesin di perangkat. Dan dukungan teknologi baru juga ditanamkan di dalamnya seperti perangkat foldables (yang dapat dilipat) dan jaringan 5G.

Terkait komitmen google dengan perlindungan privasi dan keamanan yang terdepan. Android 10 memberikan perlindungan, transparansi, dan kontrol yang lebih besar terhadap penggunanya.

Navigasi Gerakan (Gestures)

android 10 gesture
Sumber: pcworld.com

Navigasi gerakan menjadi fitur dengan perubahan terbesar yang ada pada android 10. Hadir dengan gerakan-gerakan baru dan bilan navigasi yang lebih ramping, membuat layar tampil lebih besar.

Gesek dari bawah layar untuk beranda, dari kiri ke kanan untuk kembali. Geser ke atas dan tahan untuk mengakses aplikasi yang baru saja di buka atau recent app.

Mungkin Google mendapatkan inspirasi ini dari Apple. Untuk mengujinya secara penuh aktifkan terlebih dahulu fiturnya di pengaturan sistem.

Bagaimana cara mengakses Google Assistant? Geser miring pojok bawah ke layar tengah kemudian tahan hingga muncul Assistant.

Dark mode atau tema gelap

android 10 dark mode

Ketika tema gelap diaktifkan seluruh sistem akan berubah menjadi gelap. Tema gelap baru Android dapat menenangkan mata dan juga menjaga baterai lebih lama (untuk ponsel dengan layar OLED). Tema gelap ini akan otomatis diaktifkan ketika Android 10 dialihkan ke mode hemat baterai.

Fitur ini juga akan menjadikan aplikasi Google yang lain seperti Gmail, Kalender dan Foto mengikuti tema pada sistem. Tetapi dengan adanya API untuk mengaktifkan teme Gelap, ini akan membuat aplikasi selain dari Google juga dapat mengikuti tema yang digunakan pada sistem.

Smart Replay

Di Android 10, fitur smart replay akan mendukung aplikasi pesan pihak ketiga seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Menggunakan pembelajaran mesin untuk memberikan saran dalam merespons pesan, yang mungkin sesuai untuk merespon pesan. seperti emoji jempol.

Fitur Smart replay di Android 10 dapat mengantisipasi tindakan, misal menyarankan untuk membuka alamat dari pesan yang diterima melalui Google Maps.

Kontrol Izin yang Lebih Baik

Google telah menambahkan manager izin baru dengan kontrol yang lebih baik. Aplikasi yang akan mengakses lokasi harus meminta izin terlebih dahulu. Dapat mengatur izin hanya diperbolehkan ketika aplikasi sedang digunakan, setiap waktu, atau tidak diperbolehkan.

Terdapat juga opsi untuk menargetkan ulang iklan, semua pengaturan privasi (seperti lokasi, aktivitas web, dan aplikasi. Izin aplikasi sekarang juga ada dalam satu tempat.

Update pembaruan langsung lewat playstore

update keamanan android

Project Mainline dari Google merupakan upaya dalam mendorong patch keamanan dan privasi langsung dapat didapatkan melalui Google play. Ini bagus karena update patch dapat dilakukan tanpa menunggu pembaruan Sistem.

Pembaruan ini berjalan di latar belakang, dan pembaruan dapat diterapkan di waktu yang lain. Ini juga dapat diperbarui di saat aplikasi sedang digunakan.

Mode fokus

android focus mode

Mode fokus memungkinkan pengguna untuk menghindari aplikasi tertentu di waktu tertentu, seperti aplikasi message atau berita. Aplikasi dapat di pause dan warna ikonnya akan berubah menjadi abu-abu, segala pemberitahuan dari aplikasi itu akan disembunyikan.

Live Caption atau Keterangan Langsung

video live caption

Fitur live caption dapat menambahkan keterangan atau subtitle ke video, podcast, dan pesan audio. Teks yang dibuat menggunakan pembelajaran mesin dan akan muncul setelah suara terdeteksi.

Kontrol Keluarga

Aplikasi Family Link yang tersedia di play store dibangun di Android 10. dan dapat di akses di pengaturan Digital Wellbeing. Ini membantu membimbing Anak ketika mereka belajar, bermain, dan menjelajah online. Memonitor dan mengatur batas waktu, aktivitas aplikasi, mengelola aplikasi & pembatasan konten, dan melihat di mana lokasi mereka.

Ada banyak pembaruan kecil lain di Android 10, Seperti;

  • Sound Amplifier (meningkatkan suara, menyaring suara latar, dan penyempurnaan dalam mendengar)
  • Mendukung ponsel lipat seperti Galaxy Fold, Huawei Mate X, dan Xiaomi Mi Mix Alpha
  • Kompatibel dengan 5G
  • Berbagi Wi-Fi melalui kode QR
  • DLL.