Android 11 dan Fitur Baru yang Menarik untuk Ponsel Sekarang

Android 11

Perangkat lunak versi terbaru dari sistem operasi Google dijadwalkan akan di rilis secara final pada akhir kuartal ke-3 2020. Itu adalah Android 11, sistem operasi berbasis Linux ini akan hadir untuk perangkat layar sentuh atau ponsel pintar dengan membawa sejumlah fitur-fitur baru.

Nama Android 11?

Dahulu Google selalu memberi nama OS Android mereka dengan nama-nama makanan penutup. Seperti lolipop, Marsmallow, Nougat, Oreo dan Pie.

Kemudian mulai dari pengenalan Android 10 Google telah berubah, ia tidak lagi memberi nama pada perangkat lunak Android.

Itu mungkin karena nama dari Android terdengar agak aneh dan membingungkan untuk negara-negara yang tidak ada makanan seperti itu.

Fitur Android 11

Karena ini belum rilis resmi dan masih tahap pengembangan, tidak ada fitur lengkap yang bisa kami sebutkan. Tapi, setidaknya ini adalah fitur-fitur menarik yang datang di android 11, khususnya pengalaman pengguna sekarang.

1. Peningkatan perpesanan

Bubbles, fitur untuk menjaga percakapan supaya tetap terlihat/ditampilkan dan itu dapat di akses saat pengguna sedang multi-tasking (seperti membuka aplikasi lain).

Ini juga bisa diterapkan di aplikasi pihak ketiga, karena pengembang juga bisa memanfaatkan fitur ini pada aplikasinya.

Bagian percakapan khusus dalam notifikasi – ini dapat mempermudah pengguna untuk dapat menemukan percakapan yang sedang berlangsung.

Memasukkan gambar dalam membalas pesan di notifikasi. Dan tentunya jika aplikasi yang digunakan mendukung salin tempel gambar.

2. Izin satu kali

Ketika aplikasi meminta izin untuk mengakses lokasi, kamera, mikrofon atau yang lainnya, pengguna dapat memilih izin satu kali. Jadi izin itu hanya bersifat sementara.

Jika pengguna menjauh dari aplikasi, aplikasi itu tidak mendapatkan izin lagi. Ini juga berguna untuk tidak selalu mengirimkan data lokasi saat ini ke media sosial.

3. Scoped storage

Sebenarnya ini datang untuk android 10, tapi dibatalkan karena keluhan pengembang.

Ini adalah cara baru untuk mengontrol informasi dan file apa saja yang bisa di akses oleh aplikasi. Fitur itu juga bisa membuat aplikasi membaca file lebih cepat. Di sisi lain juga akan mengamankan dan melindungi data pada penyimpanan eksternal.

4. Animasi HEIF

Heif adalah format gambar modern. Dengan format ini pengguna bisa menguraikan dan membuat animasi gambar HEIF. Perlu diketahui Format HEIF menawarkan pengurangan ukuran file yang secara drastis jika dibandingkan dengan gambar GIF.

Dengan ukuran yang lebih kecil, ini dapat menghemat ruang penyimpanan.

5. Decoding video latensi rendah

Itu yang dibutuhkan oleh aplikasi dan layanan straming real-time, dengan Decoding video latensi rendah, frame streaming pertama akan di muat dengan kinerja secepat mungkin.

6. Mendukung 5G

Dengan dukungan ini aplikasi dapat memeriksa, Apakah pengguna menggunakan layanan 5G. Serta pembaruan sistem dalam pengukur bandwidth.

7. Mendukung ponsel lipat

Di android 11 mendukung sensor sudut engsel pada ponsel lipat, yang akan mencipktakan pengalaman untuk pengguna ponsel lipat.

8. Penyaringan panggilan

Fitur untuk mengelola panggilan dengan robot. Dan akan lebih banyak hal yang bisa dilakukan aplikasi untuk membantu pengguna.

Aplikasi penyaring panggilan juga dapat melaporkan alasan kenapa menolak panggilan.

9. Memilih refresh rate

Sekarang ponsel telah mendukung refresh rate yang bervariasi seperti 60Hz dan 90Hz. Di Android 11 pengguna bisa mengatur mana yang digunakan untuk aplikasinya.

Jadi setiap aplikasi akan bisa diatur dengan refresh rate yang berbeda, Sehingga pengguna tidak perlu bolak-balik ke pengaturan.

Nah, itulah beberapa fitur menarik di Android 11 yang akan datang.