Makan Berbuka Puasa yang bagus

makanan manis kurma

Ramadan harinya berpuasa. Menahan lapar dan nafsu saat berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tapi apakah setelah menahan lapar dan kemudian berbuka dengan kenyang itu bagus? jawabannya tidak.

Kalau kamu berbuka dengan memakan makanan yang banyak pasti rasa malas dan tidak enak pada tubuh akan muncul, terutama di saat tarawih.

Dalam berbuka pastinya tidak lepas dengan yang namanya Takjil. Dan tidak lepas dari itu, pasti Kamu sudah tahu. Saat berbuka sebaiknya dibatalkan dengan makanan atau minuman yang manis.

Saat berpuasa kinerja tubuh jadi berkurang

Ketika sedang berpuasa, lama-kelamaan nutrisi (dari makanan dan minuman) dalam tubuh akan berkurang dan menghilang. Itu akan semakin cepat di saat kamu yang melakukan banyak aktivitas.

Itu membuat kerja organ tubuh (metabolisme) akan melambat. Sehingga tidak disarankan untuk memakan makanan dalam jumlah banyak.

Makanan manis sangat baik untuk berbuka

Makanan dan minuman yang manis memiliki sumber kalori yang dapat dengan mudah diolah oleh tubuh. Di saat metabolisme sedang lambat makanan manis pun bisa di oleh dengan cepat. Sehingga nantinya tubuh bisa segera mendapatkan energi.

Selain dapat mengembalikan stamina dan energi dengan cepat. Rasa manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Ini membuat kita bisa bersemangat kembali dan tidak merasa lemas. Serta akan membantu mengembalikan kinerja metabolisme tubuh menjadi normal.

Salah satu makanan manis yang dianjurkan (di sunahkan) untuk membatalkan puasa adalah Buah Kurma. Buah ini tidak hanya manis, ia juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama setelah berpuasa.

Itulah kenapa buah kurma menjadi makanan berbuka puasa yang di sunah-kan oleh rasulullah. Dan setiap perkara sunah pasti memiliki manfaat.

Makan secukupnya

Makan yang banyak itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Begitu juga di saat bulan ramadan, jangan sampai siang hari kita bersabar menahan lapar tapi malamnya kita terlalu senang sampai tidak mengontrol apa yang kita makan.

Saat berpuasa sebaiknya kita makan minum yang manis secukupnya, terlalu banyak mengkonsumsi yang manis-manis tidak baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan kegemukan.

Kemudian sehabis tarawih kita bisa melanjutkan makan dengan mengkonsumsi makanan pokok secukupnya.