Categories
Informasi Umum

Saat Cuaca Panas, Coba pilih Pakaian yang Tepat biar Nyaman

Akhir-akhir ini cuaca dunia indonesia mengalami musim kemarau yang berkepanjangan. Sehingga banyak orang yang mengeluhkan cuaca panas musim di kemarau ini.

Dari pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) menunjukkan bahwa susu udara di beberapa bagian di indonesia dapat mencapai 38°C.

cek cuaca jakarta
cuaca jakarta

Untuk mengecek/mengetahui berapa perkiraan cuaca hari ini dan sekarang di daerahmu, kamu bisa ketik kata cuaca di Google atau kata cuaca kemudian diiringi dengan lokasi kota kamu. Contoh; cuaca jakarta.

Di saat-saat cuaca panas seperti sekarang ini harus diperhatikan juga asupan makanan dan minuman. Dan perlu kamu tahu Pakaian itu juga perlu diperhatikan juga.

Memilih pakaian yang tepat dari warna, bahan, hingga potongannya dapat menjadikan kita terasa lebih nyaman dan lebih sejuk. Berikut 8 tips berpakaian yang tepat di waktu musim panas.

Warna busana

Warna pakaian memang menjadi selera seseorang. Namun warna cerah lebih disarankan untuk digunakan ketika panas terik matahari. Itu karena warna cerah dan terang lebih banyak memantulkan cahaya panas, sedangkan warna gelap akan menyerap cahaya panas.

Bahan pakaian

Kenakan pakaian dengan bahan yang ringan dan yang memudahkan kulit untuk bernapas. Biasanya yang umum digunakan ialah katun dan linen.

kain katun seersucker & linen

Terdapat banyak pakaian jenis katun yang dapat kamu temukan, Namun katun seersucker menjadi pilihan terbaik, karena pori-porinya yang longgar akan mempermudah sirkulasi udara.

Sementara pakaian ber-kain linen mungkin kurang cocok untuk keseharian. Tapi setidaknya ini bisa menjadi opsi pilihan saat cuaca panas.

Pakaian longgar

Pakaian yang agak ketat pun dapat membuat kita berkeringat. Maka dari itu pakaian longgar menjadi pilihan di saat musim panas.

Dengan mengenakan pakaian yang longgar dapat memungkinkan kulit mudah bernapas, dan sekaligus dapat membuat kita terasa lebih dingin.

Pilih yang Panjang

Mungkin kamu berpikir celana dan baju panjang akan menjadikan gerah di cuaca panas. Tapi ini akan menjaga kulit kamu saat berada di luar ruangan dari panas sinar matahari. Dan supaya pakaian panjang tidak menjadikan gerah, maka pilihlah yang ukurannya longgar.

Tetapi jika kamu berada di rumah tentu tidak perlu mengenakan juga pakaian panjang.