Apa itu Folder Appdata Windows 10, ini Cara Cepat Membukanya

lokasi folder appdata

Folder Appdata merupakan salah satu folder yang tidak dimunculkan oleh sistem (alias disembunyikan). Untuk menampilkan folder ini pengguna harus mengatur terlebih dahulu File explorer miliknya.

Folder tersebut biasa dikaitkan dengan penyimpanan data pada aplikasi windows. Bahkan hampir setiap aplikasi memakai folder ini, untuk menyimpan data pengaturan, riwayat, maupun data-data yang lain.

Karena termasuk dalam folder yang tersembunyi. Bisa dikatakan folder ini juga termasuk folder penting, salah satunya untuk aplikasi yang telah terpasang di komputer. Appdata sudah digunakan sejak era windows vista hingga sekarang windows 10.

Kenapa Appdata Tidak Muncul

Karena folder Appdata secara default bawaannya memang tidak dimunculkan oleh sistem windows. Tetapi pengguna juga diberi leluasa untuk memunculkan folder tersebut.

Cara Menampilkan dan memunculkan Folder AppData Windows 10

Untuk kamu yang menggunakan Windows 10, buka File explorer. Di situ kamu buka folder Users kemudian buka lagi folder yang namanya sesuai dengan nama PC.

Nah di situ adalah letak folder appdata. Untuk menampilkannya kamu klik tombol navigasi View di bagian atas file explorer. Kemudian cari dan centang pengaturan yang bernama Hidden items.

Menampilkan dan memunculkan Folder AppData Windows 10

Untuk cara menampilkan menggunakan Folder Options. Kamu buka start, dan ketikan “folder options”. Lalu kamu pilih dan klik untuk membuka File Explorer Options.

Selanjutnya pengaturan akan terbuka. Pilih tab View dan pada Adanced settings kamu cari opsi “Show hidden files, folders, and drives”,lalu kamu klik untuk mengubah seleksi ke situ. Seperti pada gambar. Setelah itu klik OK.

memunculkan file tersembunyi di windows file explorer

Cara yang ini bisa kamu lakukan di semua versi windows.

Setelah kamu mengatur seperti itu (dua cara di atas) semua file, folder, dan drive yang disembunyikan oleh sistem akan ditampilkan. Dan itu akan terus tampil sampai kamu mulai menyembunyikannya kembali, dengan mengembalikannya ke pengaturan semula.

Mencari dan Menampilkan Folder Appdata dengan Cepat

Untuk mencari dan menuju ke folder appdata tidaklah sulit. Secara default untuk semua versi windows dari dulu hingga sekarang letaknya di C:\Users\NAMA-PC\AppData. NAMA-PC adalah nama pengguna di komputer kamu.

Membuka folder appdata dengan cepat
Nama pengguna pada PC ini adalah Rohman

Atau kamu juga bisa membukanya dengan mudah dan cepat. Dengan menekan tombol Win + R dan nanti akan muncul kotak Run seperti ini. Ketikan %appdata% lalu enter. Setelah itu folder appdata akan terbuka.

Folder AppData: Local, LocalLow, dan Roaming

Ada tiga folder yang digunakan aplikasi untuk menyimpan data programnya di folder AppData. Folder Local, LocalLow, dan Roaming.

Folder Roaming

Ini berisi data “riwayat”, yang bisa terhubung dari PC ke PC. Contohnya firefox yang mgnggunakan folder roaming untuk menyimpan data profil penggunanya (riwayat, bookmark, dan lainnya).

Folder local

Isinya berupa data yang spesifik atau hanya dikhususkan untuk windows komputer yang digunakan. biasanya juga berisi file yang besar. Atau file yang mungkin tidak pelu untuk dicadangkan.

Folder LocalLow

Ini sama seperti folder local, hanya saja ini terintregrasi untuk aplikasi rendah atau tidak terlalu penting. Agak jarang juga aplikasi yang menngunakan folder ini.

Apakah folder-folder itu perlu dicadangkan?

Tidak, Kamu tidak perlu mencadangkan folder ini. Tetapi jika ingin mencadangkan data pengaturan program tertentu (seperti profil firefox atau chrome). Kamu dapat melakukannya dengan mencari direktori program dan menyalinnya ke lokasi lain.

Kamu juga tidak disarankan untuk menghapus folder Appdata, itu demi kelancaran dan kenyamanan setiap aplikasi yang membutuhkan folder tersebut.

Jika kamu ingin ruang disk yang lebih di PC kamu bisa melakukan cara mengosongkan ruang disk Windows. Di situ dijelaskan cara membersihkan drive dari sampah yang bergiga-giga bersarang pada penyimpanan disk.