5 Cara Menghapus Background Foto/Gambar Online secara Gratis

Kamu ingin menghilangkan latar belakang (background) pada sebuah foto atau gambar. Tenang itu mudah kok, kamu tidak harus bisa apalagi menguasai editing foto dan desain grafis.

Beberapa alat telah dikembangkan untuk melakukannya dengan mudah atau bahkan bisa secara Otomatis dan tanpa aplikasi. Dan Kamu dapat dengan mudah membuat objek foto dengan latar belakang tranparant.

Untuk melakukannya Kamu hanya membutuhkan koneksi internet. Dengan alat Online kamu bisa melakukannya di PC/Laptop atau pun di Android.

Kenapa menghapus latar belakang gambar

Mungkin ada beberapa alasan. Background terlihat kurang bagus, sehingga kita bisa menggantinya. Atau hanya ingin membuat gambar berfokus pada satu object.

Untuk memasang foto produk penjualan, biasanya memakai latar belakang yang bersih. Karena ini dapat membuatnya lebih bagus/natural, lebih simpel dan lebih rapi. Tentunya membuat seseorang lebih cenderung membeli foto produk itu.

5 Tool Terbaik penghapus latar belakang online gratis

1. LunaPic

Alat editor foto online yang bagus, LunaPic. Ini tidak hanya bisa untuk menghapus latar belakang pada gambar. Tetapi ia juga menawarkan beberapa fitur pengeditan yang menarik.

Dalam menghapus background, alat ini bekerja dengan baik untuk gambar berlatar belakang solid (dominan sama) dan berbeda dengan warna objek yang ingin di ambil. Gambar dengan latar belakang yang bernuansa (atau memiliki perbedaan warna yang halus) akan sulit dihapus dengan alat ini.

LunaPic com Photo Editor tool

Ada dua cara menghilangkan background yang bisa kamu lakukan dengan tool ini.

Pertama, Untuk menghapus latar belakang, Klik Upload. Kemudian menuju ke menu Edit kamu, kamu cari dan klik Transparent Background. Klik Warna yang ingin Kamu hapus, dan situs akan menghapus warna yang kamu klik.

Untuk menjangkau warna yang lebih luas kamu bisa memakai opsi Adjust transparency threshold dengan menggeser ke kanan. Otomatis warna yang dihapus akan meluas.

Jika telah benar dan selesai kamu klik Apply.

Kedua, Setelah upload gambar. Buka menu Edit, lalu pilih Magic Wand. Klik Area warna (background) yang ingin kamu hapus. Setelah itu klik tombol Cutout, yang berada di atasnya.

Atau kamu pilih objek yang ingin kamu ambil, dengan klik objek tersebut. Setelah itu klik Crop.

Sebagai pelengkap, kamu bisa memperluas warna yang kamu pilih. Pada Threshold % kamu ubah nilainya menjadi lebih tinggi. Warna yang identik sama akan terseleksi secara otomatis, baik warna itu ada di dalam objek.

Untuk menyimpan kamu buka menu File dan klik Save Image.

Kunjungi LunaPic

2. RemoveBG

Situs web ini cukup terkenal dan mudah digunakan. Fitur canggihnya Remove.bg menggunakan kepintaran AI untuk mendeteksi objek. Kamu hanya perlu mengupload foto dan situs akan menghapus latar belakang secara otomatis.

Situs ini juga menyediakan fitur penghapusan dan kembalikan jika hasil kurang sesuai. Membuat background jadi blur. Dan latar belakang telah terhapus, kamu juga bisa menambahkan warna atau gambar apa pun sebagai latar belakang barunya.

Upload Image – remove bg

Dengan kecerdasan AI, situs web ini tampaknya juga dapat mendeteksi dan menentukan objek benda dan orang pada foto secara otomatis. Serta bisa menentukan objek detail seperti rambut manusia.

Kamu dapat menghapus background pada foto sebanyak kamu mau. Untuk foto yang berkualitas besar tool ini akan mengubahnya menjadi ukuran kecil, versi gratis. Jika ingin mendapatkan Foto yang asli kamu harus membayar.

Kunjungi remove.bg

3. Online Image Editor

Ini alat berfungsi mengedit gambar, dan di dalamnya ada fitur untuk mengubah warna menjadi transparan sama seperti LunaPic. Kamu juga bisa menerapkan pada gambar animasi GIF.

Online Image Editor

Cara menggunakan menghilangkan background warna dengan alat ini, upload gambar terlebih dahulu. Setelah itu klik tab Advanced, dan pilih menu Transpency.

Di bagian kiri akan ada pilihan untuk menyesuaikan penghapusan latar belakang. Selain itu ada juga fitur Undo dan Redo, untuk membatalkan perubahan.

Kelemahan dari alat ini adalah membutuhkan waktu yang lama jika digunakan untuk menghapus bagian yang rumit.

Kunjungi Free Online Image Editor

4. Background Burner

Pembakar latar belakang. Teknologi alat ini dapat menghapus background apa pun.

Remove Image Backgrounds Free Fast - Background Burner

Upload foto atau gambar kamu dan alat ini akan secara otomatis melakukan deteksi garis, warna, dan fokus untuk memisahkan latar belakang dan objek. Setelah itu akan ada beberapa hasil, dan tinggal pilih mana hasil yang sesuai/mendekati.

Situs ini juga menawarkan fitur menambah atau menghapus area background. Sehingga kamu bisa menyesuaikan sendiri, mana objek yang harus dihapus dan tidak. Untuk menuju ke Fitur itu kamu cukup tekan tombol Touch up.

Tab Basic Tools, tombol min untuk menghapus, plus untuk menambahkan objek. Untuk lebih mendetail gunakan alat yang ada di tab Pixel Tools. Dengan tombol memperbesar, memperkecil, dan tranparan ada di sebelah kanan. Setelah selesai klik Finish.

Ketika menyimpan akan ada dua pilihan. Pilih JPEG jika kamu ingin background berwarna putih atau PNG jika ingin background transparan. Tentunya ini akan menghemat waktumu.

Kunjungi Background Burner

5. PhotoScissors

Background foto dan gambar secara otomatis terdeteksi dan dihapus oleh alat ini. Untuk lebih menyempurnakan lagi alat ini juga menyediakan fitur untuk menyempurnakan penghapusan. Gunakan alat yang ada di bilah atas untuk menghapus dan mengembalikan objek.

PhotoScissors Online

Kamu juga bisa menambahkan warna untuk latar belakang gambar. Dan kamu juga bisa mengubah ukuran dari gambar.

Kunjungi PhotoScissors

Simpan dalam Format PNG

JPG dan PNG memiliki perbedaan. Sangat penting untuk menyimpan gambar transparan dalam format PNG. Karena format ini mendukung fitur transparansi. Ketika kamu menyimpan dalam format JPG, background yang transparan akan diisi dengan warna solid (Hitam atau Putih).

Pakai Aplikasi

Aplikasi gratis juga ada yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background foto dan gambar. Seperti Paint 3D yang sudah terpasang di windows 10 atau memakai aplikasi GIMP.