Harga Kia Seltos di Indonesia dan Perbedaan di Setiap Varian

Sebuah perusahaan asal korea selatan (KIA) menghadirkan produk kendaraan sport terbaru dengan harga murah ke Indonesia yang bernama Kia Seltos. Produk Kia ini hadir dengan membawa fitur-fitur unggulan, yang membuat Mobil ini menjadi pilihan “Mobil SUV” ala eropa dengan harga murah.

Di indonesia All-New Kia Seltos mengusung mesin Kappa Turbo GDI – Dual CVVT 4 silinder berkapasitas 1,4 liter. Dengan tenaga maksimum mencapai 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, sedangkan torsi maksimum 242 Nm mampu dikeluarkan di rentan putaran 1.500-3.200 rpm.

Bisa dibilang, Torsi besar di mobil KIA ini keluar di putaran rendah. Itu berkat adanya teknologi electric wastegate turbocharger.

Dengan torsi yang lebih besar dapat membuat efisiensi bahan akan bisa lebih baik. Serta dengan rpm rendah lebih maksimal untuk lebih mudah dalam menggerakkan mobil, sehingga bisa irit bahan bakar.

Dalam pengujian kombinasi di korea, konsumsi bahan bakar Kia Seltos mencapai 17 KM/liter.

Dimensi mobil Kia Seltos berukuran 4.375 mm x 1.800 mm x 1.615 mm. Itu dengan luas bagasi 433 liter. Dan bisa ditambah jika melipat sandaran kursi belakang.

Warna Kia Seltos sendiri ada 6 model yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Harga Kia Seltos di Indonesia

Harga murah ala China dengan rasa yang layaknya Eropa dan tak kalah juga dari produk jepang. Mobil Kia Seltos di impor dari India dengan Tiga Varian produk. Yaitu Kia Seltos tipe E, EX, dan EXP.

  • Kia Seltos E, varian paling murah dari Kia Seltos di banderol dengan harga 295 Juta.
  • Kia Seltos EX, varian sedang banderol dengan harga 320 Juta.
  • Kia Seltos EXP (ex+), varian tertinggi Kia Seltos dengan fitur-fitur terbaik dihargai dengan harga 355 Juta.

Harga tersebut merupakan OTR Jakarta.

Produk Seltos ini diadopsi dengan desain, kualitas dan teknologi yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen di indonesia. Dengan sasaran utama KIA adalah konsumen muda yang paham dengan teknologi. Ini karena produk terbaru KIA ini mengusung banyak teknologi canggih.

Desain berkelas dengan Teknologi Canggih

Teknologi yang digunakan Kia Seltos yaitu Wireless charging, monitor infotainment berukuran 8 inci, layar Meter cluster Supervision (panel instrumen pengemudi) berupa monitor 7 inci, Sunroof, lampu depan auto light Full LED.

interior kia seltos

Di bagian interior, ada jok kulit dengan pengaturan kursi yang masih manual. Kemudian di bagian kemudi setir yang sudah dari kulit, dan disertai juga tombol-tombol audio, sampai cruise control.

Dan kemewahan lainnya yang terbuat dari bahan bermutu tinggi hingga ke bagian terkecil.

Fitur Auto Climate untuk memastikan suhu kabin tetap terjaga sesuai keinginan. Serta udara dingin yang cepat menyebar rata lewat ventilasi AC belakang.

Monitor infotainment sebesar 8 inci untuk sarana hiburan atau komunikasi dan ia juga telah terhubung dengan Android auto dan Apple CarPlay. Serta ia juga sebagai tempat untuk menampilkan gambar visual dari kamera belakang, yang akan mempermudah saat proses parkir.

Kia Seltos mempunyai Enam Mode berkendara. Mode Sport, lebih mengedepankan performa akselerasi mesin, transmisi dan sporty. Mode Eco, untuk konsumsi bahan bakar yang lebih irit dengan mengurangi respons pedal gas dan putaran mesin. Mode Normal, merupakan keseimbangan antara keduanya, sport dan eco.

Kemudian mode Mud, Snow, dan Sand yang dapat mengubah menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. Selain itu ada juga fitur cruise control untuk mengatur kecepatan mesin.

Keamanan dan Keselamatan

Fitur keselamatan aktif dan pasif yang siap siaga. Kia Seltos memiliki Body yang terbuat dari campuran besi dan aluminium yang 2namun tetap ringan. Serta komponen Advanced High-Strength Steel (baja berkekuatan tinggi) yang mampu meredam getaran dan sekaligus menyerap energi tumbukan.

Enam airbag di bagian pengemudi, penumpang, jendela samping dan tirai.

Sistem Vehicle Stability Management yang akan memastikan laju mobil tetap stabil dan aman. Serta Electronic Stability Control dan Hill Start Assist untuk keamanan standar di semua varian.

Fitur penting yang lain untuk keamanan diantaranya Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.

Spesifikasi Perbedaan Varian Kia Seltos Indonesia

Dari setiap Varian kia seltos tentunya tidak semua menggunakan fitur-fitur canggih.

Varian EXP, mengusung pelek 17 inci dengan roda 215/60. Dan semua fitur terbaik ada di varian ini. Seperti, Sunroof, Auto Light LED, Cruise Control Bahan Jok kulit.

Di Varian EX, sebenarnya masih terbilang menarik. bedanya arian ini tidak memiliki sunroof. Grill yang terhubung ke lampu utama LED auto light. Foglamp projector dan Stoplamp yang memakai bohlam biasa. Dan tidak ada kromium pada garis jendela.

Untuk Interior, Joknya tidak berbalut kulit, melainkan fabrik. Handle pintu berwarna hitam. Lalu fitur kendali sama seperti EXP, hanya saja tanpa Cruise Control.

Sedangkan Varian E yang termurah, Pencahayaannya tidak memiliki Auto Light Control dan Foglamp.

Dan di bagian interior, panel instrumen pengemudi berukuran lebih kecil yaitu 3.5 inci.

Produksi All New Kia Seltos

Awal mula di indonesia All New Kia Seltos masih di produksi CBU (Completely Built Unit) di India. Padahal sebenarnya KIA bisa produksi seltos di dalam negeri atau completely knock-down (CKD).

Tetapi KIA nampaknya mengejar volume terlebih dahulu. Jika permintaan volume banyak mereka baru akan melakukan CKD. Kalau permintaan produk banyak tentunya akan rugi jika CBU terus.

Soal pabrik, Indomobil sudah punya beberapa pabrik perakitan, yang bisa kita manfaatkan.

Yuk! Berbagi:

Sebuah Portal Informasi