Manfaat Kandungan buah Nangka untuk Kesehatan hingga Mengatasi Kanker

buah nangka manis dan lezat

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Ya, Buah nangka menjadi buah yang digemari karena rasanya yang manis. Di balik rasanya yang manis, buah ini juga menyimpan aneka manfaat untuk kesehatan. Bahkan buah nangka juga mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kangker.

Kandungan thiamin, riboflavin, kalium, kalsium, zat besi, niasin, serta vitamin A dan C menjadikan buah ini punya beraneka macam manfaat. Serta zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang dapat menangkal kangker.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi buah nangka.

1. Mampu mengatasi kanker

Penyakit kanker sebenarnya bisa diobati dengan mengkonsumsi nangka secara rutin setiap hari. Itu karena nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien, yang dimana dapat mencegah stres oksidatif yang menjadi penyebab timbulnya kanker.

Vitamin C yang ada dalam buah nangka dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan, yang nantinya dapat berperan penting dalam mencegah kanker payudara. Semua zat dan nutrisi yang terkandung buah nangka menjadikan nangka sebagai buah yang paling baik dalam melawan kanker.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Umumnya banyak orang yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium. Sebenarnya kandungan kalium yang banyak itu tidak hanya pada susu, tapi nangka juga mengandung kalium yang bahkan jumlahnya lebih banyak.

Serta dengan adanya vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk lebih banyak menyerap kalium dan kandungan potasium dalam buah nangka dapat membuat tulang lebih padat.

Selain itu ada juga kandungan magnesium yang berfungsi untuk menyerap kalsium, menguatkan tulang, dan memberi asupan bagi tulang. Dengan semua kandungan tadi, nantinya dapat mencegah seseorang dari masalah penyakit tulang keropos (osteoporosis) dan radang sendi (arthritis).

3. Menjaga tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dan rendah itu tidak baik bagi kesehatan. Dalam buah nangka terdapat kandungan potasium yang berfungsi mengatur kadar natrium. Yang dimana natrium itu berperan dalam menjaga tekanan darah. Jadi tidak ada salahnya menjaga peredaran darah dengan mengkonsumsi buah bangka.

4. Meningkatkan sistem imun

Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sekitar 18 persen. Serta dipadukan dengan kandungan antioksidan, membuat buah nangka ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas dan melawan infeksi.

5. Bagus untuk pencernaan

Buah nangka mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam buahnya dapat membantu masalah pencernaan seperti sembelit. Manfaat lainnya ialah juga dapat berfungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Di samping itu terdapat juga kandungan karbohidrat kompleks. Yang tentunya dengan adanya dua kandungan (serat dan karbohidrat) itu menjadikan manfaat buah nangka juga cocok untuk yang sedang menjalankan Diet.

6. Menjaga fungsi mata

Kandungan buah nangka juga punya kemampuan dalam menjaga penglihatan. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah nangka, diantaranya beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin.

Kandungan beta-karoten dapat di sintesis oleh tubuh, yang kemudian di ubah ke dalam vitamin A. Vitamin A yang didapatkan oleh tubuh itu digunakan untuk mendukung fungsi normal dari kornea dan membran konjungtiva.

Kandungan lutein dan zeaxanthin menjadi salah satu karotenoid dapat membantu retina dalam menyaring cahaya dan menjaga fungsi-fungsi sel yang berada si sekitar mata. Bantuan-bantuan ini nantinya dapat mengurangi resiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

7. Menjaga kulit

Dalam menjaga kulit agar tetap sehat banyak orang yang melakukan perawatan dari luar. Untuk lebih lengkapnya harus diimbangi dengan menjaganya juga dari dalam.

Kandungan antioksidan dalam buah nangka dapat memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit.