Cara Membuka File HEIC, HEIF dan HEVC di Windows

membuka file HEIC

Perangkat iOS 11 mulai menggunakan format gambar dengan efisiensi yang tinggi untuk menyimpan foto Kamera. Ketika file foto dikirim ke Windows dan gambar tidak dapat dibuka ataupun ditampilkan.

File-file tersebut berupa format HEIC dan HEVC, ini merupakan format file baru. Format HEIC merupakan file jenis gambar yang lebih baik dari JPEG, karena memiliki tingkat kompresi yang lebih baik. Salah satunya yang menarik ialah jika dibandingkan dengan JPEG ukurannya bisa 2 kali lebih kecil.

Sedangkan file HEVC Adalah jenis format kompresi video, yang juga dikenal sebagai H.265 dan MPEG-H Bagian 2. Artinya Format HEVC ialah format video yang dikompres lebih baik, sehingga menghasilkan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan format video lain.

Terkait: Apa itu Format HEIF atau HEIC?

Windows tidak didukung untuk melihat dan membuka file berformat HEIC dan HEVC. Namun pengguna dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat dan membuka file HEIC dan HEVC.Konten

Bagi pengguna Windows 10 sudah bisa digunakan untuk membuka dan melihat file HEIF pada photos Windows. Dukungan ini dimulai dari pembaruan April 2018 Update. Fitur ini tidak diaktifkan secara default. Sehingga kamu diharuskan untuk menginstall codec, saat kamu ingin membuka aplikasi photos untuk melihat file fromat HEIC.

Ketika klik tautan untuk menginstall codec, dan diarahkan ke store — tertulis bahwa harganya 13 ribu. Namun, Kamu dapat menginstallnya dengan harga yang gratis melalui tautan yang berbeda.

Cara Membuka file HEIC, HEIF dan HEVC di aplikasi Windows 10

Untuk membuka file berekstensi HEIF. Kamu dapat membuka tautan => Store HEIF Image Extensions, untuk mendapatkan codec Ekstensi HEIF.

Membuka format HEIF Windows 10
HEIF Image Extensions

Penting Pengguna membutuhkan HEIF Image Extensions dan HEVC Video Extensions from Device Manufacturer untuk membuka ekstensi .HEIC. Itu karena file HEIF dengan ekstensi .HEIC dikompres dengan menggunakan algorotma HEVC.

Untuk mendapatkan codec HEVC, buka tautan => Store HEVC Video Extensions from Device Manufacturer.

Membuka format HEVC Windows 10
HEVC Video Extensions from Device Manufacturer

Saat terbuka, mungkin di browser klik Get atau Dapatkan, dan akan menuju ke Store. Di Store Klik Install untuk meninstall codec.

Kedua ekstensi tersebut dapat berfungsi di File Explorer, Films &TV, dan Photos Windows.

File HEIC Windows 10
File Heic Windows 10

Video HEVC yang diputar akan dengan lancar di PC windows yang mendukung perangkat keras modern – kartu grafis dan prosesor terbaru. Jika tidak, kualitas video yang diputar akan berkurang.

Alternatif, Cara membuka file HEIC dan HEVC di Windows 7/8

Tool untuk dukungan file HEIC di windows, penggunaan mudah – tinggal install dan gunakan, tool tersebut bernama CopyTrans HEIC untuk Windows, yang bisa Kamu dapatkan secara GRATIS.

Link download: CopyTrans HEIC untuk Windows.

Tool di atas tidak untuk format video, jadi hanya gambar saja. Untuk membuka file video HEVC kamu dapat menggunakan MPC-HC.

Link download: MPC-HC 64 bit.

Link download: MPC-HC 32 bit.

Alat ini akan menambahkan dukungan penuh ke Sistem Windows. Thumbnail file HEIC akan terlihat di File Explorer, serta dibuka dengan Windows Photo Viewer.

Cara mengubah Format HEIC ke JPG

Cara mengubah file HEIC menjadi JPEG dapat Kamu lakukan dengan menggunakan software alat di atas tadi (CopyTrans HEIC).

Alat ini dapat Kamu gunakan dengan mudah untuk menjadikan file HEIC ke JPEG dengan beberapa klik. Cukup klik kanan file .heic, lalu pilih Convert to JPEG with CopyTrans.

Ditambah lagi Alat ini support dengan Microsoft Office, sehingga kamu dapat menyematkan gambar HEIC ke dalam dokumen lewat aplikasi Microsoft Office.

Untuk Alternatif yang lain, Kamu dapat menggunakan internet untuk meng-convert file HEIC ke JPEG. Buka situs heictojpg.com, dan unggah foto – kamu juga dapat melakukan drag drop atau menyeret file dan menaruhnya di halaman web.

File format baru ini memang bagus dalam segi kualitasnya, terutama kamu dapat memanfaatkannya untuk menghemat ruang penyimpanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *