Cara membuka File RAW di Windows dan Android

membuka RAW di windows dan android

Format gambar RAW merupakan format tidak seperti format gambar biasa. Secara bawaan windows tidak bisa untuk membuka gambar dengan format ini.

Untuk membuka format ini pengguna harus memasang aplikasi pihak ketiga (atau tambahan) untuk bisa membukanya. Nah berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuka file berformat RAW.

Windows 10: RAW Image Extension

Di windows store sudah ada aplikasi Ekstensi Gambar RAW. Ini adalah dukungan RAW untuk Windows 10. Dan lagi, aplikasi ini hanya bisa kamu install di windows 10 Mei 2019 versi 1903 atau yang lebih baru.

Jika versi windows kamu di bawahnya, aplikasi tersebut tidak bisa kamu install. Maka kamu bisa melakukan pembaruan di aplikasi Settings atau mendownload versi terbarunya di sini.

Codec ekstensi ini gratis, di buat oleh libraw.org dan ini belum mendukung semua format RAW. Tapi setidaknya banyak file-file populer yang telah didukung aplikasi ini. Untuk mengecek apakah file milikmu kompatibel dengan aplikasi ini, lihat daftar kamera yang didukung.

Aplikasi ini dapat berguna untuk melihat gambar dalam thumbnail, pratinjau, dan metadata gambar RAW (di properties) pada file explorer.

Buka microsoft store dan cari “RAW Image Extension” atau langsung buka halaman Raw Image Extension. Klik “Get” untuk mendownload menginstalnya.

raw image extension windows 10

Setelah selesai, thumbnail file raw bisa ditampilkan. Buka file, saat pertama kali akan muncul pilihan aplikasi untuk membukanya. Di situ kamu pilih Photos.

Aplikasi Membuka File RAW gratis

Software terkenal seperti adobe (Photoshop) atau core (AfterShot) pastinya sangat bagus digunakan mengedit foto raw. Tapi itu tidak gratis dan mahal.

Sebagai alternaltif, berikut adalah beberapa aplikasi gratis untuk membuka dan mengedit file RAW.

Able RAWer

Aplikasi gratis yang bisa untuk melihat dan memperbaiki gambar raw. banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, seperti mendukung banyak format RAW, dapat menyesuaikan/optimalkan secara otomatis dan lainnya.

Download Able RAWer, aplikasi ini berukuran kecil.

Able RAWer, membuka file raw

Untuk membuka file RAW kamu pilih disk di bagian pojok kiri atas. lalu buka folder tempat menyimpan gambar RAW.

Jika folder terdapat file raw di bawahnya akan muncul daftar gambarnya. Kamu pilih dan klik “LOAD”.

Atau kamu bisa klik kanan file raw di file explorer, lalu pilih opsi “open with” dan pilih “Able RAWer”.

Cara untuk memperbagus gambar secara otomatis Kamu klik menu “Image” di bagian paling atas kemudian arahkan ke “Automatic Image Enhancement”. Kamu pilih/klik “Auto Image Enhance 3”. Kamu juga bisa mencoba opsi yang lainnya.

Untuk menyimpan gambar dalam bentuk JPEG, klik menu “File”, lalu klik “Safe As”.

RawTherapee

RawTherapee

Sebuah aplikasi Open source yang dapat memproses banyak gambar termasuk RAW. Ini dirancang untuk mengembangkan file gambar secara profesional, karena aplikasi ini bisa untuk mengedit banyak hal.

Kamu bisa mengunduh RawTherapee secara gratis.

Aplikasi Open source yang serupa dengan RawTherapee adalah Darktable. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur dan gratis untuk digunakan.

Aplikasi Membuka Gambar RAW di Android

Membuka dan mengedit file RAW tidak harus menggunakan PC, pengguna android juga bisa membuka mengedit dan mengubah file RAW dengan mudah.

Berikut adalah aplikasi yang bagus untuk membuka file RAW di ponsel android.

1. Raw Decoder, banyak file raw yang didukung oleh aplikasi ini. Kamu bisa menggunakannya untuk mengubah gambar ke JPG lalu menyimpan atau membagikan hasilnya.

Aplikasi ini juga mendukung banyak jenis format RAW, seperti Canon (cr2,crw), Adobe DNG (dng), Nikon Raw (nef), Sony Raw (arw), Olympus Raw (orf), Epson Raw (erf), Hasselblad Raw (3fr), Phase One Raw (iiq), Pentax Raw (pef).

2. Photo Mate R3, aplikasi yang juga mendukung banyak format RAW. Dengan Photo Mate R3, kamu juga dapat mengedit berbagai gambar. Tapi untuk menggunakan fitur-fiturnya secara penuh, kamu harus membeli aplikasi ini.

3. Raw2dng, dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah file berbagai jenis format file RAW ke JPEG atau TIFF, atau DNG. Ya kamu bisa mengubahnya ke format raw DNG.

Perlu kamu ketahui DNG adalah format raw yang mendukung kompresi tingkat losslessly. kompresi ini dapat mengkompres ukuran file secara maksimal tanpa merusak gambar.

4. Snapseed, tambahan nih, salah satu aplikasi populer edit gambar dari Google. Sayangnya snapseed hanya dapat membuka file RAW DNG, walaupun tidak banyak file raw yang didukung, tapi aplikasi ini sangat bagus untuk mengedit. Dan aplikasi ini benar-benar gratis.

Tips, jika file raw milikmu tidak berjenis ekstensi .DNG, kamu bisa konversi dulu dengan Raw2dng kemudian edit menggunakan Snapseed.