Categories
Komputer Windows

Agar Terhindar dan Melindungi Komputer dari Program Berbahaya Virus/Malware

Agar komputer/laptop terhindar dari aplikasi berbahaya, seperti malware, virus, ataupun serangan hacker. segera cegah dengan cara ini.

Banyak yang menganggap bahwa keamanan komputer sebagai sesuatu yang sulit dan rumit. Memang itu ada benarnya.

Tetapi ada beberapa hal yang paling penting dan sebenarnya sederhana. Dan berikut adalah hal-hal mendasar dan penting supaya komputer/laptop Anda tetap aman saat sedang Online.

keamanan komputer

Aktifkan Pembaruan Otomatis

Perangkat lunak setiap harinya mungkin banyak mengalami masalah keamanan. Masalah keamanan terus-menerus ditemukan dan terus bertambah.

Saat ini, banyak sistem operasi yang muncul dengan fitur pembaruan otomatis untuk menutup celah keamanan.

Banyak yang lebih suka mematikannya karena beberapa alasan. Mungkin tidak suka karena harus Restart Windows atau karena akan menambah fitur dan membuatnya lemot. Tetapi untuk keamanan lebih baiknya dinyalakan.

Menjaga komputer dalam keadaan terbaru merupakan suatu cara pertama untuk melindunginya terhadap ancaman barbahaya dari internet. Dan bisa sebagai cara melindungi komputer dari hacker.

Gunakan Anti-virus

Mungkin banyak yang mengatakan Antivirus ini paling bagus, Antivirus ini yang terbaik dan seterusnya.

Sebenarnya ini akan membuat Anda bingung untuk memilih mana yang harus dipakai.

Sebenarnya, terserah Anda mana yang ingin dipakai/digunakan – walaupun gratis, sederhana dan bagus. Tapi tidak ada salahnya untuk memakai Windows Defender.

* Sekarang microsoft telah mengganti Windows Defender menjadi Windows Security.

Pasang/Gunakan Antivirus seperti Windows Defender

Windows Security adalah perangkat lunak gratis yang dibangun microsoft untuk Windows. Dan antivirus ini sudah standart jan cukup bagus untuk menjaga sistem komputer.

Pembaruannya dilakukan otomatis melalui utilitas Windows Update, sehingga tidak terasa memberatkan kinerja sistem.

Aplikasi antivirus perlu terintregasi dengan sistem operasi sampai akar-akarnya. Maka yang lebih mengetahui sistem operasi tersebut sampai akar-akarnya ialah orang-orang yang membangun dan merancang sistem operasi itu (yaitu microsoft).

Jadi microsoft tahu apa yang terbaik dalam Windows Security untuk sistem Windows.

Serta tidak penawaran produk ketika kamu menggunakan Windows Security. Yang mungkin biasanya perusahaan Antivirus lain akan menawarkan/menjual produk mereka yang lain.

Windows Security ini cocok digunakan untuk penggunaan yang tidak berbahaya dan itu akan baik-baik saja. Setidaknya ini akan dapat melindungi berkas di dalam komputer Anda.

Ketahui Tautan Mana yang Aman Untuk di Klik

Sering kali tautan jahat berasal dari email teman yang telah terifeksi, atau dari email yang sebenarnya terlihat sah/terpercaya tetapi sebenarnya palsu. Ini dikenal sebagai Phishing.

cari tahu Tautan palsu

Jika ingin mengklik tautan dari email, kau harus menyelidiki atau cek dulu sebelum melakukan klik.

Caranya dengan memeriksa tautan itu dengan mengarahkan kursor ke tautan, maka alamat tujuan akan muncul di bagian bawah jendela browser. — Jika tidak klik kanan tautan dan pilih “Salin alamat tautan”. dan pastekan teks (seperti di Notepad), lalu periksa.

Contoh saja, jika pada tulisan menunjukkan “ebay.com” atau “ebay” saja, tetapi tautan mengarah ke “ebay.clickme.com”, maka perlu dicurigakan dan jangan di klik. Pasti tahukan situs ebay sebenarnya ialah ebay.com.

Berhati-hatilah dengan Program yang di Download dan Jalankan

Banyak Malware yang ditemui pada windows berasal dari pengunduhan dan pemasangan perangkat lunak yang tidak disengaja.

Jadi selalu berhati-hatilah dengan program yang di download dan di jalankan.

Hanya unduh, pasang, dan jalankan perangkat lunak/Software yang di kenal luas dan dapat dipercaya atau di rekomendasikan oleh situs terpercaya.

Serta pastikan bahwa Anda mendapatkan perangkat lunak (program) dari situs web resminya.

Ketika mengunduh, pastikan tombol unduh benar, jangan sampai tertipu mengunduh perangkat lunak berbahaya. Hapus centang apapun yang disertakan dengan program.

Hati-hati dengan perangkat lunak bajakan, ada benarnya jika perangkat lunak tersebut tidak ada masalah dan dapat berfungsi & berjalan dengan baik.

Perangkat lunak berbentuk crack/patch/aktivator itu dibuat oleh kelompok peretas/hacker. Mungkin saja perangkat lunak itu telah diselipkan Malware berbahaya di dalamnya.

Dan Kita tidak tahu apakah benar para peretas tersebut memasukkan malware atau tidak. Jadi waspadalah, jika Anda menemukannya dan terlihat mencurigakan akan lebih baik untuk segera menghapus perangkat lunak yang di curigai sebagai virus itu.

Jangan Percaya Terhadap Popup

jangan tertipu dengan flash palsu

Demikian pula, jangan pernah mengunduh atau menginstall sesuatu yang tidak dicari/diperlukan. Mungkin muncul pemberitahuan untuk download dan menginstall ini.

Saran saya dalam pemberitahuan itu, apa yang perlu di install maka cari sendiri di Google.

Yang ini juga jangan percaya, yakni situs yang mengatakan terdeteksinya virus di sistem anda.

Intinya situs memberi tahu jika perangkat yang Anda gunakan memiliki virus. Ini tidak hanya untuk komputer saja, di ponsel pun juga bisa dan bahkan sering. Maka, JANGAN DI KLIK.

Bagaimana! itulah tips untuk mengamankan komputer/laptop/PC milik anda dari perangkat lunak berbahaya.

Berhati hatilah ketika saat Anda sedang ONLINE. Karena jika sudah terkena virus atau malware itu dapat memperlambat perangkap PC dan ponsel Anda. Parahnya data penting dapat dicuri.

OOOPSsss… satu lagi, jangan meninggalkan komputer dan ponsel Kamu secara sembarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *