Categories
Informasi Umum

Cara menghapus lokasi dan riwayat aktivitas Google secara otomatis

Google akan terus menyimpan semua data riwayat aktivitas milik penggunanya. Untuk mengatasi/mencegah itu terjadi Anda dapat menghapus data riwayat itu secara otomatis.

Google mengetahui dan menyimpan semua data riwayat Anda, data-data itu berasal dari apa yang Anda lakukan saat menggunakan ponsel pintar maupun web browser. Yaa bisa dibilang google tahu banyak tentang anda. Untuk membatasi mesin pencari raksasa ini Anda dapat menghapus riwayat dan informasi lainnya yang telah dikumpulkan oleh perangkat dan web browser secara otomatis.

Layanan google yang Anda gunakan di ponsel android seperti chrome, Gmail, Youtube, dan aplikasi lainnya akan memantau aktivitas dan menyimpan banyak informasi yang terkait tentang Anda. Informasi ini termasuk data lokasi, riwayat maupun aktivitas pencarian web, riwayat tontonan youtube, metode pembayaran, kata sandi dan lainnya.

Bagian ‘Data dan Personalisasi’ di Kontrol aktivitas Anda dapat memeriksa Aktivitas Web & Aplikasi, Histori Lokasi, Aktivitas Suara & Audio, Informasi Perangkat, Histori Penelusuran YouTube, Histori Tontonan YouTube. Meskipun, Google menyediakan opsi untuk Anda yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Aktivitas yang ada. Buka ‘Google – Aktivitas Saya‘ untuk melacak aktivitas yang sedang berlangsung.

Cara mengaktifkan penghapusan otomatis riwayat aktivitas Google Anda

Langkah awal buka Google Account. *jika belum login/masuk, silakan login terlebih dahulu.

Selanjutnya beralih ke menu ‘Data & personalisasi’.

Akun Google

Scroll halaman ke bawah untuk menemukan opsi ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ (di bagian Kontrol aktivitas) dan klik.

Kontrol aktivitas Google

Tunggu loading – setelah terbuka tampilan baru scroll ke bawah dan klik tombol ‘Kelola aktivitas’.

Kelola Aktivitas Google

Di situ Anda dapat mengelola aktivitas dari data yang dikumpulkan Google. Scroll ke bawah, di atasnya daftar aktivitas temukan dan klik tombol ‘Pilih untuk menghapus secara otomatis’.

Menghapus data Google otomatis

Jendela ‘Pilih durasi penyimpanan Aktivitas Web & Aplikasi Anda’ akan muncul, yang di mana menampilkan berbagai opsi ‘Simpan sampai dihapus secara manual’, ‘Simpan selama 18 bulan’, ‘Simpan selama 3 bulan’. Secara default opsi penghapusan manual yang terpilih, maka pilih salah satu dari dua opsi yang ada di bawahnya (hapus secara otomatis). Yang 18 bulan/satu setengah tahun atau hanya 3 bulan saja. Klik ‘Berikutnya’ lalu ‘Konfirmasi’ dan ‘Oke’.

Konfirmasi penghapusan

Setiap data yang lebih lama dari itu akan dihapus secara otomatis dari akun Anda secara berkelanjutan.

Untuk menghentikan Google dari menjaga (menyimpan aktivitas), Anda dapat mematikan aktivitas. Caranya, di halaman Kontrol aktivitas klik tombol on/off. Akan muncul jendela dan klik jeda dan jeda.

Data pengguna yang disimpan Google itu dapat membatu mencari dan iklan berdasarkan penggunaan dan riwayat anda. Jadi, terserah menyimpan untuk rekomendasi dari Google atau menghapus untuk melindungi privasi Anda.