Categories
Informasi Umum

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya sebelum Memasaknya

Bagaimana supaya daun pepaya tidak terasa pahit. Nah berikut tips mudah dan alami untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya saat ingin memasaknya.

Daun pepaya adalah salah satu salah satu sayuran yang banyak ditemukan di masyarakat desa. Entah di kebun, sawah, atau di pekarangan rumah.

Buah pepaya rasanya manis, akan tetapi daunnya itu memiliki alkanoid karpain yang membuatnya terasa sangat pahit.

Dibalik kepahitannya, daun pepaya juga memiliki khasiat/manfaat. Diantaranya meningkatkan kinerja pencernaan (metabolisme), menurunkan kadar gula darah, mengatasi rasa sakit saat haid, sampai bisa untuk membuat awet muda, dan lainnya.

Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Masalah saat memasak daun pepaya ialah pada rasa pahitnya. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa pahit itu?.

Menghilangkan Rasa pahit dengan merendamnya di Air Garam

Garam

Rasa asin pada garam dapat mengurangi pahitnya daun pepaya.

Cara memakainya, pastikan daun pepaya sudah dibersihkan kemudian rendam dengan air yang di campur garam. Dan diamkan hingga 1 jam. Setelah di diamkan, remas secukupnya dan tiriskan daun pepaya.

Rasa pahit pada daun pepaya akan berkurang karena telah terserap oleh kandungan garam pada air.

Mengurangi rasa pahit dengan merebusnya bersamaan dengan Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Tahukan daun jambu biji yang digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Daun itu dapat Anda gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Cara memakainya: ambil ±7 helai daun jambu, kebersihkan/cuci daunnya dan remas hingga hancur. Jika telah siap, cuci dan rebus daun pepaya bersamaan dengan remasan daun jambu hingga matang.

Setelah itu, tiriskan daun pepaya dan masaklah sesuai selera.

Menghilangkan Rasa pahit dengan merendamnya dalam Air Masam

Asam

Tahukan asam jawa, ya biasanya digunakan untuk penyedap/perasa masam pada makanan. Dan Anda dapat menggunakan untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

Apakah nanti daun pepaya menjadi masam? tidak.

Cara memakainya: Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan daun pepaya yang telah dicuci dan adam jawa yang telah di kelupas. Setelah itu kecilkan api dan tunggu kurang lebih selama 5 menit.

Jika telah selesai jangan tiriskan dulu, biarkan sebentar/beberapa menit baru di tiriskan. Ambil daun pepaya dan masak sesuai keinginanmu.

Walaupun tidak benar-benar menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Tapi Anda masih akan mengolah/memasaknya lagi. Dan membuat rasa pahit terasa ketika terasa setelah dimasak/dihidangkan.

Bagaimana apakah Anda ingin segera mencobanya!.