Categories
Informasi Umum

Sampai Kapan Kemarau di 2019, Kapan musim Hujan datang

Suhu panas di 2019 masih terus berlangsung, orang-orang menanti musim hujan tiba.

Menurut analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca panas akan berlangsung hingga akhir oktober Dasarian III (10 hari terakhir di bulan Oktober).

Penyebab kondisi Cuaca semakin Panas

Cuaca panas

Gerak semu matahari menimbulkan persebaran suhu panas, utamanya di bagian selatan khatulistiwa.

Pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah katulistiwa. Dan ini akan terus bergerak menuju ke belahan bumi bagian selatan, ini berlangsung hingga Desember. Wilayah yang kena dampaknya antara lain Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya.

Kondisi tersebut menyebabkan radiasi panas dari matahari yang diterima oleh permukaan bumi menjadi lebih banyak, sehingga suhu udara di siang hari akan mengalami peningkatan.

Di tambah lagi atmosfer yang kering di bagian indonesia selatan membuat pertumbuhan awan menjadi terhambat. Sehingga tidak ada awan yang akan menghalangi panasnya terik matahari.

BMKG juga memperkirakan, musim hujan tahun ini akan mengalami kemunduran. Diperkirakan puncak kemarau 2019 akan berlangsung hingga awal November.

Kapan Musim Hujan 2019 akan dimulai?

Hujan

Potensi hujan bisa terjadi karena pengaruh dari pola angin, dan ini hanya di beberapa wilayah saja. Awan hujan diperkirakan akan muncul signifikan pada bulan Novenber dan Desember.

Beberapa wilayah di prediksi akan mengalami hujan sedang-lebat pada periode 25-30 oktober 2019. Diantaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Di beberapa wilayah lain Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat. Curah hujan akan dimulai antara Novenber sampai Desember.

Akhir akhir oktober, rata-rata kondisi cuaca akan cerah berawan. Ini tentu juga masih berdampak pada cuaca yang panas.

Pada bulan Desember diperkirakan kondisi cuaca memang cukup tinggi, dan di bulan januari diperkirakan akan menjadi puncak dari musim hujan.