7 Pekerjaan Desain Interior, Seperti Apa Kerjanya

desain interior

Lulusan desain interior akan selalu dibutuhkan di era sekarang ini. Walau tidak banyak orang mengambil jurusan kuliah di jurusan tersebut. Itu karena tidak banyak yang tahu dan tertarik dengan bidang ini.

Masyarakat kebanyakan cenderung memilih jurusan yang sekiranya nanti jelas-jelas dibutuhkan dan tidak sulit untuk dicari.

Seperti apa pekerjaan Desain Interior itu?

Desain interior berkaitan dengan perencanaan, perancangan, dan penataan dalam ruangan.

Orang yang memasuki bidang ini juga harus mempunyai skil dan passion yang mencukupi. Karena nantinya ia di tantang untuk membuat sesuatu yang kreatif secara berkelanjutan. Atau bisa dibilang “kreatifitas tanpa batas” yang enggak kehabisan ide.

Tidak mungkin kan, orang yang ahli di bidang ini harus selalu membuat desain yang memiliki nuansa yang sama.

Setiap sesuatu itu berbeda-beda. Dalam ilmu desain interior, suasana hati, pandangan, dan kepribadian juga akan berpengaruh.

Seorang desain interior juga harus bisa memecahkan masalah baik secara fisik maupun non fisik. Khususnya dalam keamanan, kenyamanan, suasana hati, pandangan, dan kepribadian.

Hal lain juga yang harus dikuasai ialah fungsi, unsur estetika (keindahan) dan etika (norma). Jadi seorang desain interior harus bisa merancang sesuatu yang memiliki fungsi dan kegunaan.

Pekerjaan untuk Jurusan desain Interior

Pekerjaan desain interior

Jangan mengira pekerjaan desain interior itu hanya untuk sebuah proyek besar dengan anggaran yang tinggi. Baik proyek kecil dengan anggaran yang rendah pun sudah bisa untuk memulai.

Beberapa pekerjaan yang bisa dijalani oleh seseorang yang memiliki ilmu tentang desain interior.

Jasa Mendesain Interior

Berbekalkan keahlian yang kamu miliki, kamu bisa membangun jasa desain interior sendiri atau bergabung dengan biro konsultan arsitektur.

Jasa desain interior itu membuat konsep interior, menggambar sketsa, menggambar teknik, visualisasi gambar, menentukan material, dan lain sebagainya.

Era sekarang dalam memasarkan sesuatu bisa dilakukan dengan cara offline dan online. Menerima pesanan, menawarkan jasa, berkonsultasi dengan pelanggan bisa dilakukan secara efektif. Dari situ kamu bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Kerja di Perusahaan Konstruksi Interior

Memulai berwirausaha dalam desain interior tidak semudah yang dikira. Apa lagi kalau belum memiliki pengalaman. Maka mendaftar di perusahaan konstruksi interior bisa menjadi pilihan.

Apa yang dikerjakan nanti, Kamu bisa menjadi pelaksana, pengawas dan lainnya. Atau jika memiliki kemampuan lebih kamu bisa menjadi manager proyek.

Lewat media online kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan desain interior, di sana ada banyak perusahaan-perusahaan yang juga mencari karyawan yang bersedia ingin bekerja.

Jadi Distributor atau membuka Toko Produk Interior

Banyak juga orang yang mencari barang-barang pajangan, seperti furniture, karpet, lampu hias dan lainnya. Ini bisa menjadi peluang memulai bisnis produk interior.

Sebagai seorang desain interior pastinya tahu mana barang-barang terbaik di kelasnya. Dan kamu bisa memanfaatkan kemampuan milikmu untuk menjadi seorang distributor atau penjual produk interior.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pelanggan atau pembeli mengenai barang terbaik apa yang harus mereka beli. Dengan begitu bisnismu akan mudah untuk meroket.

Merancang dan memproduksi furniture

Furniture dalam setiap ruangan itu berbeda-beda. Macam bentuknya pun juga berbeda-beda. Bekerja merancang dan memproduksi furniture bisa menjadi pilihan.

Produk yang memiliki fungsi dan sekaligus keindahan sangat disukai banyak orang. Kamu bisa memulai berkreasi dengan ilmu yang telah kamu pelajari dari sini. Dan mulai membuat sesuatu yang baru dan unik, yang nantinya akan menjadi ciri khas dari produk milikmu.

Ketika produk buatanmu sangat disukai masyarakat karena keunikan dan kualitasnya. Kamu bisa memperluas pemasaran, bahkan mau di ekspor ke luar negeri pun juga bisa. Keuntungan pun juga akan melimpah.

Buka Toko Material

Desain modern sangat disukai banyak orang, yang dulunya cuman berada di kota. Tetapi sekarang masyarakat desa pun juga mulai menerapkan desain modern.

Sehingga ini membuat kebutuhan material interior menjadi naik. Dengan pengetahuan kamu dalam bidang interior, kamu bisa membuka toko material bahan-bahan interior.

Jadi PNS juga bisa

Apa benar lulusan desainer interior bisa menjadi PNS? Iya benar. Kalau kamu tertarik menjadi PNS jurusan seperti ini juga dibutuhkan oleh pemerintah.

Biasanya instansi-instansi pemerintah seperti kementrian Perindustrian, Pekerjaan Umum, Perdagangan, dan Sekretariat Negara juga memerlukan orang yang berluluskan desain interior.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Ada banyak BUMN yang bisa kamu coba untuk melamar pekerjaan di sana. utamanya BUMN yang berhubungan seperti jasa konstruksi. Diantaranya:

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk.
  • PT Amarta Karya (Persero)
  • PT Hutama Karya (Persero)
  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk.
  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.
  • Dan lain sebagainya.