Pengiriman Barang bisa di Cek lewat Google Search

Mesin pencari Google (atau Google Search) sering kali menjadi tempat utama dalam mencari berbagai informasi. Salah satunya ialah informasi mengenai melacak pesanan barang yang telah pengguna beli.

Dan upaya Google dalam meningkatkan layanan mesin pencari miliknya, kali ini ia menambahkan fitur package tracking ke hasil pencarian. Itu telah dimulai dalam Early Adopters Program. Integrasi fitur Package tracking atau Pelacakan Paket ini berguna untuk melacak status pengiriman paket barang pengguna.

Kemudahan dan kecepatan dalam melacak status paket dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi situs layanan pengirim paket. Jadi pengguna dapat melacak pengiriman di tempat situs Pencarian Google menggunakan resi pengiriman paket yang telah ia dapatkan.

Tampilan Pelacakan Paket nantinya kurang lebih seperti ini.

cek Pelacakan Paket barang di Google
Package Tracking (Pelacakan Paket)

Bagaimana cara kerjanya? apa bisa untuk semua paket pengiriman?

Pengguna hanya perlu memasukkan ID paket atau nomor Resi dari paket. Dan informasi mengenai proses pengiriman paket akan segera ditampilkan.

Kemampuan dalam melacak paket ini tersedia di semua negara, dan bisa untuk semua paket. Namun perusahaan layanan pengirim paket harus bekerja sama dengan mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menjadi bagian program dari program fitur ini. Yang nantinya diperlukan juga RESTful JSON atau XML API dari perusahaan, untuk bisa menampilkan datanya di pencarian Google.

Itu artinya pengguna bisa mengecek pengiriman paket barang jika layanan pengiriman yang digunakan pengguna telah ikut dalam Early Adopters Program.

Dari fitur Google ini nampaknya akan sangat menarik untuk dipakai. Apalagi dengan adanya alat Pelacakan paket di Google Search yang dapat membuat kita semakin simpel, mudah dan cepat untuk mengetahui sampai mana pengiriman barang kita.