JPG/JPEG vs PNG Penjelasan Lengkap dan Perbedaan Singkat

Saat ini ada beragam jenis file yang bisa kita temukan. Diantaranya yang sering kita jumpai ialah gambar dengan format JPG dan PNG. Sementara untuk gambar animasi dengan format GIF.

Format gambar tersebut menjadi yang paling populer. Nah, dari format-format tersebut apa sih yang membedakan antara JPG dan PNG.

1. JPG atau JPEG

JPG adalah singkatan dari JPEG yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group untuk menjadi standar fotografer profesional. Format ini sangat cocok digunakan untuk Gambar Foto. Contohnya ini.

Foto jalan pohon jpeg

JPG mendukung optimalisasi size otomatis, dengan cara mengurangi bagian-bagian (pixel) tertentu pada foto. Namun tetap mengutamakan kualitas. Tetapi jika di kompresi tinggi ia akan mengalami perubahan di bagian-bagian tertentu.

Salah satu fitur yang ada di JPG yaitu EXIF. EXIF berisi informasi terkait dengan Foto atau gambar, seperti kapan dan di mana foto diambil, profil warna, nama perangkat untuk mengambil foto dan lainnya. Tentu ini bisa menjadi referensi dan catatan.

Itulah kenapa JPG menjadi standar fotografer, untuk memberikan tingkat kualitas dan kompresi terbaik. Karena foto bergaya fotografi memiliki resolusi yang besar. Serta fitur EXIF yang dapat menyimpan detail informasi foto saat pengambilan gambar. Seperti ini:

Informasi data EXIF

Kita bahas juga versi lain dari JPG/JPEG.

JPEG 2000 menjadi standar kompresi gambar dan sistem pengkodean. Memiliki kinerja kompresi yang sedikit lebih baik, sehingga menghasilkan fleksibilitas yang signifikan.

JPEG XR menjadi standar kompresi gambar yang dikembangkan oleh Microsoft. Tingkat kompresi yang lebih tinggi dari JPEG, tanpa merubah kualitas.

2. PNG

Sekarang PNG, singkatan dari Portable Network Graphics. Format ini biasa digunakan untuk gambar ilustrasi dan vektor. Biasanya juga dipakai oleh situ-situs di internet.

Bentuknya identik dengan garis (panjang maupun pendek), dan warnanya identik sama antara pixel yang berdekatan. Tidak seperti JPEG yang bagiannya terlihat seperti abstrak.

Format PNG memiliki fitur kompresi yang sangat baik dan tanpa mengurangi kualitas. Jika bagian warnanya semakin besar dan jumlahnya sedikit tingkat kompresi akan jauh lebih baik. Dan gambar tetap jenih.

Lebih jelasnya lihat contoh gambar PNG ini.

klik gambar untuk membuka gambar

Pola simpel cuman bergaris dan berwarna, gambar itu memiliki resolusi tinggi 1920 x 1080, tetapi cuman berukuran 14KB dan gambar masih sangat jernih.

Ketika diubah ke JPEG dengan kompresi jadinya 20KB dan kualitas ketajaman berkurang (jadi ada blurnya).

Salah satu fitur utama di gambar PNG adalah transparan. Ini juga biasa digunakan oleh para editor gambar atau desainer untuk menaruh objek tertentu pada sebuah gambar.

Nah kalau sebuah foto JPG kita ubah menjadi PNG ukurannya akan menjadi lebih besar.

Perbedaan JPG dan PNG

Fungsi JPG digunakan untuk gambar foto. Atau bisa juga gambar illustrasi yang bersifat abstrak (tidak bersifat garis), karena kualitas gambar akan cenderung lebih baik.

Fungsi PNG digunakan untuk gambar illustrasi seperti pada contoh di atas. Karena itu akan lebih bagus kualitas dan lebih kecil ukurannya. Atau digunakan untuk gambar yang bersifat foto atau gambar abstrak yang memiliki latar belakang transparan.

Saat di kompres dengan metode Lossy:

  • Kualitas JPG cenderung berkurang banyak.
  • Kualitas PNG cenderung masih terjaga.

Saat di kompres dengan metode Lossless: Saya rasa tidak ada bedanya. Coba baca ini.

Apa itu Lossy dan Lossless?

  • Lossy kompres gambar semaksimal mungkin tanpa mempertahankan kualitas.
  • Lossless kompres gambar semaksimal mungkin dengan mempertahankan kualitas.

Hasilnya, metode kompresi Lossless menghasilkan ukuran file yang lebih besar karena kualitas murni tidak berubah.

Bentuk gambar atau warna juga mempengaruhi ukuran file, kalau ada banyak warna yang tidak beraturan, ukurannya akan lebih besar. Contoh gambar jalan di atas di, sangat banyak warna, tidak beraturan, tapi sangat indahkan. Itu memiliki ukuran cukup besar, 122 KB ketika di kompresi lossy pada resolusi 640 x 462.

Ini tabel perbandingan JPG vs PNG

Format/perbandinganJPGPNG
Bagus untuk FotoIyaTidak
Bagus untuk Ilustrasi /VectorTidakIya
TranparanTidakIya
EXIF (Penyimpanan informasi)IyaTidak

Sampai di sini pastinya sudah tahu kan seperti apa gambar JPG dan PNG.

Yuk! Berbagi:

Sebuah Portal Informasi