Tips & Trik Supaya Tidak menjadi Informasi Korban Berita Hoaks

Hoaks atau berita bohong adalah suatu hal yang harus di cegah – Hoaks merupakan suatu hal kita jauhi, karena dapat menyebabkan masalah yang tidak diinginkan.

Setiap orang seharusnya tidak percaya begitu saja terhadap informasi baru (di internet) yang terlihat aneh dan terlihat sangat menarik.

Jadi untuk mempercayainya kita harus mampu membedakan berita hoax dengan berita fakta. Dengan begitu kita tidak akan terpengaruh dan menjadi korban berita hoaks. Pembaca yang cerdas bukanlah hal yang sulit, beberapa tips dan trik berikut dapat kamu lakukan untuk mengecek kebenaran sebuah berita.

1. Periksa Hubungan antara Judul dan Isi Berita.

Salah satu yang di incar pembuat berita hoaks adalah pembaca yang membaca hanya ala kadarnya saja atau hanya sekilas ingin tahu. Pembuat berita hoaks akan lebih mudah menipu dengan memberikan judul yang sesasional dan bersifat persuasif, bias merujuk kearah provikatif, tidak bisa ditebak, serta menarik.

Maka, jika melihat berita dengan judul yang mnghebohkan bacalah dengan cermat supaya tidak disesatkan.

2. Cek Media Pembuat Berita.

Banyak situs-situs berita yang sengaja dibuat hanya untuk mengejar popularitas. Jika situs itu menyediakan berita hoaks, maka tentu akan cepat terkenal.

Maka dari itu, pastikan berita yang kamu dapat berasal dari sumber terpercaya.

3. Cek Tanggal Publikasi Berita.

Berita atau peristiwa yang sudah lama dipublikasikan dapat dibaca kembali. meski terlihat sepele. itu bisa menjadi salah penafsiran.

4. Periksa juga Berita di Tempat lain .

Berita yang menghebohkan adalah salah satu ciri berita hoaks. Jadi jika kamu menemukan berita yang heboh, tetapi kamu tidak menemukannya di situs lain bahkan sampai beberapa hari. Kemungkinan berita tersebut hoaks.

5. Periksa Sumber Berita.

Dengan adanya sumber berita, dapat membuat berita itu dapat dipercaya. Sumber bisa berupa liputan sendiri seperti foto jurnal atau sumber berita lain.

Jika sumber berita tidak meyakinkan atau bahkan tidak disebutkan maka mungkin saja berita itu hoaks.

6. Perhatikan Kutipan dan Foto Berita.

Berita hoax dapat dengan mudah mencantumkan kutipan yang menyesatkan. Jadi jangan mudah percaya apalagi jika kutipan bersifat heboh dan penting.

Termasuk juga foto, karena sekarang sudah banyak aplikasi edit foto, serta mengeditnya pun bukan hal yang sulit.

7. Hati hati dengan Berita Adu Domba.

Jangan terpengaruh jika berita bersifat mengadu domba. Jika berita tersebut mengajak ke hal yang negatif, maka kita harus menghindarinya.

Walaupun berita itu bersifat fakta, maka jangan juga terpengaruh. Karena adu domba merupakan hal yang tidak baik – tidak hanya merugikan orang lain, tapi kita sendiri pun juga akan mengalami kerugian.

8. Jangan Buru-buru Share.

Ketika menemukan berita menghebohkan, alangkah baiknya cek kebenaran berita itu. Jika berita tersebut benar-benar fakta dan dapat bermanfaat bagi orang lain – maka silahkan saja share.


Jangan biarkan hoaks menyebar, kita harus turut melawan hoaks. Bukan hanya di lingkungan dunia nyata tapi, tetapi dunia maya pun juga harus kita jaga. Karena hasilnya juga akan berimbas kepada kita sendiri.Sumber: idntimes.com.