Mengatasi Komputer / Laptop Lemot Agar Lebih Cepat dan Optimal

Kinerja komputer PC / laptop Windows lama kelamaan terasa lambat, itu mungkin karena ada beberapa alasan yang membuatnya melambat. Yang mungkin dari alasan itu tidak tahu karena masih belajar dalam menggunakan komputer maupun laptop. Ada beberapa cara untuk mengatasi komputer lemot, dan bisa mempercepat kinerja windows, baik windows 7 8 atau 10.

Jika windows terasa berat janganlah marah. Jadi harus sabar dalam menggunakannya, karena kalau marah itu malah akan lebih kacau dan masalah akan semakin bertambah 😀. Disini akan menjelaskan saran untuk yang memiliki masalah dari windows yang terasa lambat dan menjadikannya menjadi lebih cepat dan optimal.

Mempercepat PC

Sebenarnya windows bisa melambat itu karena penggunaan sendiri. Tapi jika pada dasarnya memiliki spesifikasi rendah pasti dalam penggunaan yang agak berat. Lalu untuk spesifikasi yang cukup dalam penggunaannya pun lancar. Tapi jika lama kelamaan terasa berbeda (makin lambat) bisa mencoba cara ini dan sambil belajar pastinya.

Tps dan Cara Mempercepat PC Komputer atau Laptop

Uninstall Program

Mungkin dari beberapa program yang pernah di install dan sekarang program itu sudah tidak digunakan lagi lebih baik dihapus, baik berukuran besar atau kecil. Karena program itu bisa saja berjalan di latar belakang. dan sekalian biar lebih rapi.

Caranya: Pertama buka Control Panel untuk mencari di mana tempat membukanya bisa mencari di control panel dengan mengetikkan “control panel”. Kemudian cari dan klik Programs and Features. Sekarang dobel klik program yang ingin dihapus. Lalu ikuti langkahnya (hampir sama seperti install program).

Perluas Ruang Disk

Pada bagian ruang sistem (disk C), jika ruang penuh maka bersihkan data yang tidak penting/digunakan. Penuh dalam artian bukan penuh full, maksudnya ruang tersisa/kosong/free tinggal sedikit kisaran 20GBan ke bawah. Kalau saran saya usahakan ruang kosongnya lebih dari 35GB. Tujuannya agar sistem bisa berjalan dengan lancar.

  • Kelola data: Jika ada data pada disk sistem (C:) yang tidak penting buang saja, dan untuk data yang penting seperti software terutama yang berukuran besar lebih baik pindahkan ke ruang penyimpanan disk lain.
  • Hapus data TEMP: TEMP (Temporary), maksudnya menghapus data penyimpanan sementara dari aktivitas. Caranya klik kanan pada local disk C dan pilih properties. Akan ada tabel jumlah ruang yang digunakan dan tersisa, Klik Disk Cleanup. Selanjutnya jika ingin menghapus temp sistem tinggal klik Clean up system files. Centang data yang ingin di hapus, klik OK, lalu Delete Files.

Mematikan Startup Program

Program yang biasanya berjalan secara otomatis ketika PC dinyalakan, itu akan membutuhkan waktu untuk membuatnya. Jadi cegah dengan disable/matikan program startup, maka dengan ini bisa menghemat memori, kinerja prosesor, dan juga mempercepat booting Windows / saat masuk windows.

Biasanya program di try system berjalan ketika mulai saat startup. Jika pada startupnya dimatikan maka program di try system tidak akan ada.

Caranya: Klik kanan pada takbar, lalu pilih taks manager. Pada tabel startup akan ada daftar aplikasinya, pilih aplikasi yang akan dimatikan dengan klik kanan dan pilih disable.

Defrag Hardisk

Dengan melakukan defragmentasi pada harddisk bisa membuat file mudah untuk dibaca, defrag itu bisa dikatakan menata atau menyusun file. Jika disk yang belum terdefrag kisaran 10%-15 atau lebih bisa membuat PC jadi lambat. Jika hanya beberapa persen mungkin tidak berpengaruh.

Usahakan ketika ingin mendefrag, ketika setelah bersih bersih pc seperti di atas tadi mengelola data, hapus temp, dan ununstall program.

Caranya: Cek di Apa Itu Defragment Hard Disk dan Bagaimana Caranya.

Hentikan Aplikasi

Matikan dengan paksa aplikasi yang tidak dijalankan dan menggunakan banyak resource. Contohnya program yang tidak merespon, itu akan menggunakan cpu yang tinggi. Atau program lain, mungkin ini jarang terjadi. Jangan sampai salah, hanya program yang kita install saja. Karena jika yang dihentikan programnya adalah sistem, maka windows akan melakukan shutdown.

Caranya: Buka taks manager, di situ akan ada program yang berjalan. Klik kanan program yang akan dihentikan dan pilih End taks.

Scan Malware

Kebanyakan kinerja Windows yang lambat disebabkan oleh malware seperti virus, dan adware. Pindailah dengan menggunakan antivirus yang bagus dan usahakan bukan antivirus yang berat. Maksudnya disesuaikan dengan kondisi spesifikasi komputer atau laptop dan gunakan satu aja. Contoh untuk yang tidak berat yaitu avast dan malwarebytes.

Gunakan Utilitas

Lebih baik pasang utilitas untuk membersihkan PC. Dan saran saya pasang salah satu aja biar tidak memberatkan sistem. Ada beberapa tool yang digunakan untuk menjaga PC. Tapi untuk yang ringan dan standar gunakan saja CCleaner, intinya jangan yang aplikasi berat. Sebenarnya untuk pembersihan PC tidak sering dilakukan tidak apa-apa. CCleaner ini mungkin sudah cukup lengkap fiturnya untuk membersihkan windows.

Matikan Animasi

Animasi pada windows, contohnya seperti membuka start menu atau program maupun menutupnya akan ada efek visualnya (animasi). Dan itu memerlukan kinerja cpu, dengan mematikan efek visual maka bisa memperingan kinerjanya. Walaupun tampilannya kurang menarik 😉, jika tidak ingin dimatikan tidak apalah, kalau terpaksa boleh aja 😅.

Untuk caranya: Buka info system dengan tekan windows + pause break. Jika tidak memungkinkan bisa dengan buka control panel, lalu pilih System and Security, pilih lagi System. Setelah itu pada sidebar kiri pilih Advanced system settings. Akan muncul system properties dengan tabel advanced, ada tiga pilihan settings, pilih yang paling atas yaitu performance. Pada tag visual effects pilih Adjust for best performance, dan klik OK dan OK.

TambahanPada dekstop jangan gunakan background yang berganti secara otomatis, lebih baik satu gambar saja. Jangan pasang gadget di dekstop dan tampilan berlebih lainnya.

Dan untuk pengguna komputer bisa melakukan upgrade hardware utamanya ram, cpu, dan disk. Maksud dari upgrade disk itu bukan menambah kapasitas penyimpanan, tapi berpindah dari menggunakan harddisk beralih ke SSD. SSD (solid-state drive) yang lebih cepat dari harddisk. Tentunya untuk upgrade hardware itu jika mempunyai dana.

Jika windows lambat dikarenakan sudah tidak normal lagi mungkin karena virus, bisa di atasi dengan reset atau install ulang windows tapi jika sangat terpaksa. Itulah tips dari saya untuk mengoptimalkan kembali pc yang lambat. Mohon maaf, jika ada kurang atau salahnya.