Laptop Samsung Galaxy Book S pakai Snapdragon, cepat dan awet

Samsung Galaxy Book S, sebuah laptop dari samsung dengan inovasi baru di dalam perusahaan miliknya. Samsung mengkombinasikan perangkat keras ARM yaitu Qualcomm snapdragon dengan perangkat lunak Windows-on-ARM.

Laptop Snapdragon 8cx
Laptop ARM Snapdragon 8cx

Menggunakan prosesor Snapdragon 8cx Octa-core 64-bit fabrikasi 7nm, dipadukan dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan SSD 256 GB, yang akan memberikan kekuatan dan kecepatan yang baik.

Yang menariknya, performa dan kinerja Snapdragon 8cx bisa serupa dengan Intel Core i5 8th gen U-series (Seperti. I5-8250U). Tapi untuk Snapdragon ini dipastikan laptop tidak akan panas seperti yang memakai prosesor intel. Walaupun Samsung tidak menanamkan kipas pendingin di Galaxy Book S, tanpa kipas juga menjadikannya lebih tipis.

Sebagai tambahan, Samsung Book S juga dapat diisi kartu microSD berkapasitaskan 1 TB. Lalu GPU telah terintegrasi dengan prosesor yaitu Adreno 860, yang handal untuk pengelolaan grafik.

Samsung Galaxy Book S ringan tipis

Samsung book S adalah laptop yang super ringan yang memiliki berat 960 gram. Memiliki ukuran 305.2 x 203.2 x 6.2-11.8mm.

Ini adalah mobile laptop, artinya kamu bisa memakainya di mana saja, ditambah lagi perangkat ARM akan mendukung untuk selalu terhubung ke internet. Karena memakai konektifitas LTE yang terintegrasi dan Wi-Fi 5 (802.11ac). Laptop dapat menggunakan SIM layaknya Smartphone dengan ukuran Nano SIM.

Waktu penggunaan bisa sampai 1 hari penuh, karena daya tahan baterainya luar biasa yang bekapasitas 42Wh. Tapi yang paling membuatnya hemat daya adalah chip mobile yang ia gunakan.

Samsung Galaxy Book S baterai

Samsung telah menguji laptop Galaxy Book Suntuk pemutaran video, hasilnya mampu bertahan hingga 25 jam. walaupun dalam pengujian dilakukan dengan pengaturan default audio dan kecerahan, serta tanpa koneksi ke Wi-Fi atau jaringan seluler. Dan sepertinya daya tahan akan bervariasi agak jauh berbeda tergantung penggunaan.

Windows hello fingerprint sebagai keamanan laptop dari Galaxy Book S. Sebagai laptop mobile memang keamanan sangat penting untuk menjaga data penting pribadi.

Samsung Galaxy Book S keamanan
Fingerprint di Tombol power

Uniknya inovasi samsung ini meletakkan sensor sidik jari di tombol power, atau jadi satu dengan tombol power. Ini akan memudahkan saat masuk, cukup menekan satu tombol untuk mengakses perangkat. Untuk menyalakan sekaligus membuka kunci. Keyboard juga memiliki fitur cahaya backlit untuk keindahan desainnya.

Tampilan layar menggunakan panel LCD TFT 1080p dengan luas 13,3 inci, memiliki rasio aspek 16:9 termasuk dukungan layar sentuh dan support multitouch 10 titik.

Walaupun Snapdragon 8cx merupakan Arsitektur 64-bit, tetapi perangkat Windows ARM hanya terbatas untuk dukungan 32-bit saja. Namun jika hanya untuk pemakaian produktifitas seluler, office spreadsheet atau presentasi, browsing dan hiburan pastinya sudah sangat cocok.

Samsung Galaxy Book S USB port tipe C
Samsung Galaxy Book S

Untuk dukungan konektifitas perangkat, hanya ada 2 port USB tipe C dan jack headphone. Itu dikarenakan laptopnya yang sangat tipis. Dan USB tipe C itu juga yang digunakan untuk mengisi baterai laptop, dan tanpa harus memakai adaptor besar.

Multiport Adapter

Sebagai tambahan Samsung memiliki produk Multiport Adapter untuk menghubungkan USB 3.1 dan HMDI, serta untuk pengisian daya yang cepat. Tapi sayangnya Multiport Adapter ini ditawarkan dengan penjualan terpisah, tidak satu paket dengan pembelian laptop.

Spesifikasi dan Harga Galaxy Book S

Tipe LaptopNotebook, Ultrabook
WarrnaEmas Bumi & Merkuri Gray
Dimensi305.2 x 203.2 x 6.2-11.8mm
Berat0.96 kg
Ukuran layar13.3 inci
Resolusi1080p FHD TFT (16:9)
PanelLayar sentuh: 10 titik multi-touch
ProsesorQualcomm Snapdragon 8cx Compute Platform
7nm 64-bit Octa-core
Max 2.84 GHz + 1.8GHz
Penyimpanan InternalSSD 256GB
RAM8GB LPDDR4X
Slot MemoriMicroSD slot (up to 1TB)
Konektifitas1. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz) & VHT80 MU-MIMO
2. Bluetooth 5.0
3. Location (GPS, Galileo, Glonass, BeiDou)
4. Microphone
5. USB Type-C
Kamera720p HD
AudioStereo speakers: Sound by AKG
dengan Dolby Atmos® technology
SensorFingerprint, Sensor Hall, Backlit Keyboard on/off
Sistem OperasiWindows 10 Home
AutentikasiWindows Hello login dengan Fingerprint
JaringanLTE Cat.18
Nano SIM
Baterai42Wh

Spesifikasi di atas adalah versi Global. Selanjutnya Galaxy Book S ditawarkan oleh Samsung dengan harga agak mahal, $999,99 atau kisaran 13.7 Jutaan Rupiah. Book S tidak tersedia di indonesia, tetapi dimungkinkan juga nanti akan tersedia.

Sumber referensi: samsung.com, reviewgeek.com, dan notebookcheck.net