Sawit bisa Rubah Indonesia menjadi negara yang paling Hebat

kebun sawit
Lahan Perkebunan Sawit

Kamu pasti tahu kan, negara kita ini punya sumber daya alam yang sangat melimpah. Tapi kamu tahu gak salah satunya berasal dari kelapa sawit. Bicara soal sawit, Indonesia yang paling Hebat, Kenapa?

Di Indonesia kelapa sawit telah menjadi komoditas perkebunan terbesar loh. Tercatat luas lahan kelapa sawit di indonesia mencapai 14 juta hektar, dengan jumlah produksi mencapai 48 ton per tahun. Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia menjadi penghasil minyak sawit terbesar di dunia dan juga sebagai penyuplai sawit terbanyak untuk dunia. Hebat kan.

Peran sawit untuk indonesia

Jangan remehin peran sawit bagi negara. Tanpa sawit entah akan bagaimana jadinya indonesia. Pasalnya, sekarang industri sawit menjadi penyumbang terbesar devisa negara dengan nilai mencapai 300 Triliun. Sehingga tak di pungkiri lagi bahwa sawit menjadi kekuatan utama ekonomi indonesia.

Sebagai komoditas perkebunan terbesar, Industri sawit juga berperan besar sebagai penggerak perekonomian rakyat indonesia. Industri sawit menjadi sumber penghidupan 21 juta orang dan menjadi sumber pendapatan bagi 5,3 juta pekerja. Berkat industri sawit juga, tingkat kemiskinan di indonesia berkurang sebesar 10 juta orang.

Minyak kelapa sawit
Kelapa sawit

Untuk apa sawit itu?

Jumlah produksi sawit sebesar itu sebenarnya untuk apa sih? Mungkin banyak yang mengira sawit itu identik dengan makanan. Salah satunya minyak goreng sawit.

Eits… jangan mengira sawit hanya sebatas minyak goreng saja ya. Nyatanya tanpa disadari, sangat banyak sekali olahan produk yang mengandung sawit. Bahkan di antaranya sering kita lihat dan pakai dalam kehidupan sehari-hari; seperti pasta gigi, sabun, sampo, deterjen, kosmetik.

Sawit punya peran besar dalam penyediaan energi terbarukan di suatu saat nanti

Salah satu produk turunan dari sawit ialah Biodiesel. Sekarang biodiesel menjadi alternaltif dari bahan bakar fosil diesel. Jangan dinilai kurang baik, justru biodiesel dinilai lebih aman dan ramah lingkungan.

Karang biodiesel telah dimanfaatkan oleh negara melalui program implementasi penggunaan biodiesel. Saat ini berupa B20 (yaitu pencampuran 20% minyak nabati dan 80% minyak bumi).

Berkat adanya program tersebut, negara berhasil mengurangi impor minyak fosil. Bulan januari-Juli 2019 saja bisa menghemat sekitar 23,4 triliun. Penghematan tersebut sangatlah besar.

Tidak sampai di situ saja, pemanfaatan program bidiesel akan berlanjut ke B30 hingga B50 di tahun 2020 nanti. Bisa dipastikan penghematan negara nantinya akan jauh lebih besar.

Sawit kuat ekonomi pun kuat, ekonomi kuat indonesia pun hebat. Bahkan bisa lebih dari itu, karena Sawit juga punya peran yang sangat besar di masa mendatang dalam hal energi.

Inovasi pengembangan energi dari minyak kelapa sawit dipastikan bisa menjadi sejumlah produk BBM, antara lain pertamax, pertalite, hingga avtur. Dari hasil inovasi tersebut ternyata minyak kelapa sawit lebih baik dari bahan bakar fosil.

Indonesia bisa menjadi negara yang adikuasa dengan sumber energi terbarukan yang tak terbatas dari sektor sawit. Itulah kenapa sawit sangat dilindungi oleh negara. Sangat melimpahnya jumlah sawit di Indonesia membuat negara lain menjadi iri, sampai bermunculan kampanye hitam terhadap Sawit Indonesia.

Sawit juga membuat Indonesia Sehat

Ternyata Sawit juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan juga bagi kelestarian lingkungan. Diantaranya:

  • Biodiesel dari sawit terbukti tidak menghasilkan gas emisi yang membahayakan kesehatan makhluk hidup.
Manfaat kelapa sawit
@sawitbaik.id
  • Sawit mengandung nutrisi yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Utamanya dalam mengatasi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia.
Gizi minyak kelapa sawit
@sawitbaik.id

Bagaimana menurutmu cerita sawit di sini, kebayang tidak sawit menjadi kekuatan besar bagi indonesia. Follow aja instagram sawitbaik.id biar kamu lebih tahu seputar sawit indonesia, sekaligus dukung sawit negara kita.

Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh @sawitbaik.id, yang bertemakan “Sawit Baik Indonesia Hebat”.