Cara Mengatasi Google Drive yang Limit Kuota [terlampaui]

Google Drive adalah situs cloud storage gratis yang ditawarkan oleh Google. Tidak diragukan lagi banyak orang yang suka mendownload dan menyimpan berkas di situ, karena kecepatan download dan upload bisa maksimal dan stabil.

Tetapi ketika mendownload berkas di Google Drive, terkadang ada kendala yang tidak kita inginkan. Salah satunya yang umum dijumpai adalah masalah:

Maaf, anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang” atau error “sorry, you can’t view or download this file at this time“.

Baru-baru ini terlalu banyak pengguna yang telah melihat atau mendownload file ini. Harap akses kembali file nanti. Jika file yang Anda coba akses terlalu besar atau digunakan oleh banyak orang, butuh waktu 24 jam agar sebelum file dapat dilihat atau didownload. Jika Anda masih tidak dapat melihat file setelah 24 jam, hubungi administrator domain.

Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.
Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.
Sorry, you can
Sorry, you can’t view or download this file at this time.

Itu membuat kita tidak bisa atau gagal ketika melakukan download berkas.

Dan itu yang jelas bukan error atau kesalahan, tetapi bisa jadi karena Anda tidak diizinkan mendownload file itu untuk sementara waktu. Biasanya itu terjadi jika berkas berukuran besar.

Itu disebabkan karena terlalu banyak orang yang sedang mendownload file tersebut. Ditambah lagi kebanyakan orang mendownload menggunakan IDM yang di mana tool tersebut mendownload file dengan cara dipecah-pecah. sehingga membuatnya mengirim banyak permintaan.

Banyaknya permintaan ke server ini biasanya dikatakan sebagai Limit Kuota, yaitu kuota permintaan download telah melampaui batas. Sehingga perlu menunggu 24 jam.

Pastinya kelamaan, dan belum tentu juga besok kuota masih ada. Karena pengguna yang download akan terus berdatangan.

Karena pembatasan kuota download Google drive ini menjadi kendala yang sangat sering di alami ketika mendownload file di google drive. Untuk itu ini adalah langkah solusi dan trik yang bisa kamu gunakan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google drive kuota terlampaui

Untuk mengatasinya, Kamu harus memindahkan file tersebut ke penyimpanan Google drive kamu. Jadi yang kamu perlukan adalah akun Google untuk login, pastinya sudah punya kan!

Mula-mula kamu buka link file Gdrive yang ingin kamu download, bisa lewat browser chrome, firefox atau browser favorit kamu. Lalu di bagian baris alamat edit urlnya.

ganti url download google drive
  • Di situ ubah uc menjadi open. wajib
  • Dan hapus parameter export=download dan satu tanda & yang berada di sampingnya. Biasanya tanda itu juga berada di belakang.
  • Setelah itu tekan enter.

Oh iya, kamu juga bisa melakukannya di ponsel android milikmu.

Nantinya akan membuka halaman Pratinjau/Preview seperti ini. Jangan khawatir dengan “pratinjau tidak tersedia”. Itu karena google tidak akan meninjau fiile-file berukuran besar.

Di sini kamu harus sudah login/masuk dulu ke akun google milikmu. Jika sudah login, pada bagian kanan atas klik logo google drive dengan tanda +. Untuk menambahkan file tersebut ke daftar drive kamu.

cara mengatasi google drive limit kuota

Setelah itu logonya akan berubah menjadi kotak folder. Klik lagi, dan akan muncul daftar folder. Klik folder Drive Saya atau My Drive. Atau membukanya lewat drive.google.com

cara mengatasi limit kuota google drive

Setelah itu nanti akan arahkan ke tempat penyimpanan akun google drive kamu. Kemudian di akun-mu akan ada nama file yang telah ditambahkan, cari.

Klik kanan file itu untuk memunculkan daftar pilihan, kemudian pilih Buat salinan atau Make a copy, dan tunggu prosesnya.

*Biar enggak ada kesalahan saat membuat salinan google drive, akun Gdrive milikmu harus mempunyai ruang penyimpanan yang kosong/tersisa. Cek ruang yang tersisa di samping kiri. Jika ruang kosongnya sedikit hapus file tidak penting di akun google drive kamu.

salin dan download file di google drive yang limit kuota

Klik kanan file hasil dari salinan tadi, lalu pilih opsi Download.

salin dan download file di google drive yang limit kuota
cara download di google drive yang limit
cara download di google drive yang limit

File akan mulai di unduh.

* Penting, file salinan yang ada di akun google drive kamu akan selalu di simpan. Jadi hapus file itu setelah kamu selesai mendownloadnya. Supaya jika nantinya kamu ingin mendownload dan menyalin file lain, ruang penyimpanan Google mu masih tetap tersedia (standby).