Categories
Teknologi

Trend Teknologi AI (2019), Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin

Tak di pungkiri lagi teknologi Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang sangat canggih yang di mana cara kerjanya menyerupai otak manusia. Teknologi mana yang menjadi trend/populer dengan AI?

Perlu Anda ketahui tahun lalu (2018) banyak platform, aplikasi, dan alat lainnya didasarkan pada AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan ML atau Machine Learning (pembelajaran mesin).

trend ai 2019

Tren teknologi semacam itu merupakan keterlibatan besar pada perangkat lunak dan industri internet. Kemajuan teknologi terkait ML dan AI di tahun 2019 berkembang semakin pesat.

Perusahaan-perusahaan terkenal seperti Apple, Amazon, Google, Facebook, IBM, Microsoft, dan sejenisnya yang mengeluarkan banyak dana dalam riset untuk penelitian dan pengembanngan AI, yang pasti mereka akan memperkenalkan AI mereka ke konsumen.

Tahukah Anda seperti apa kecerdasan buatan yang digunakan itu.

Deep learning atau Pembelajaran Mendalam

Ini merupakan bagian dari bentuk Kecerdasan Buatan, mengembangkan algoritma yang disebut jaringan saraf tiruan. Cara kerjanya ialah dengan memodelkan fungsi dan struktur otak manusia.

Deep learning atau Pembelajaran Mesin
Deep learning atau Pembelajaran Mesin

Pembelajaran Mesin telah dikembangkan sejak lama. Namun Namun diantara tahun 2015 dan 2017 Pembelajaran Mendalam telah meningkat hingga 35 kali.

Banyak bidang teknologi kecerdasan buatan seperti komputer vision, kendaraan otonom, pembuatan teks otomatis dan sebagainya merupakan bagian bidang Deep learning.

Pengenalan Wajah

Teknologi pengenalan wajah dianggap sebagai sama depan kecerdasan buatan dikarenakan populasinya yang sangat besar. Ini akan bertumbuh besar di 2019 dan selanjutnya.

Face recognition atau Pengenalan Wajah

Pengenalan wajah merupakan bentuk aplikasi kecerdasan buatan yang membantu mengidentifikasi seseorang dengan gambar digital atau pola dari wajah.

Di tahun 2019, teknologi pengenalan wajah akan mengalami pertumbuhan, dengan adanya peningkatan keandalan dan akurasi.

Sebagai contoh: penggunaan program Deepface Facebook yang dapat memberi tag pada keluarga dan teman pengguna di foto mereka. Dan penggunaan pengenalan wajah pada IPhone X yang dikenal dengan kata sandi digital.

Chip yang mendukung AI

Artificial Intelligence, kecerdasan buatan ini sangat mengandalkan prosesor khusus, jadi prosesor yang canggih belum tentu memiliki peningkatan fitur model AI. Ini membutuhkan perangkat keras tambahan untuk dapat melakukan tugas yang lebih cepat seperti pengenalan wajah dan deteksi objek.

Chip cerdas yang mendukung AI

Pada tahun 2019, produsen chip seperti NVIDIA, Intel, ARM, AMD, dan Qualcoom meluncurkan chip khusus yang mampu membuat sksekusi aplikasi jauh lebih cepat dengan aktifnya AI.

Chip tersebut dioptimalkan untuk pemanfaatan dan skenario tertentu terkait komputer vision, pengenalan suara, dan natural language processing (pemrosesan bahasa alami). Di masa depan chip ini akan digunakan dari industri mobil hingga kesehatan.

Tahun 2019, organisasi infrastruktur hiperskala seperti Microsoft, Amazon, Facebook, dan Google akan mengeluarkan banyak dana untuk melakukan riset pada chip khusus yang didasarkan pada teknologi Field-Programmable Gate Array (FPGA) dan Application-Specific Integrated Circuit (ASIC).

Untuk dapat menjalankan beban kerja modern berdasarkan AI dan High Performance Computing (HPC) atau komputasi kinerja tinggi, chip ini akan di optimalkan. Beberapa chip ini nantinya juga akan menjalankan database canggih untuk meningkatkan pemrosesan kueri dan analitik prediktif.

Cloud

Menurut para ahli, pada tahun 2019 penyedia layanan cloud publik terbesar akan mengalami kenaikan, di sisi lain pengeluarannya juga akan meningkat.

Cloud

Enam pemimpin Cloud Hyperscale terkenal; Amazon Web Service (AWS), Alibaba, Google, IBM, Microsoft Azure, dan Oracle akan menjadi lebih besar di tahun 2019. Sesuai dengan laporan, di saat katalog layanan dan wilayah global berkembang.

Teknologi teknologi canggih dengan AI ini telah mengalami peningkatan yang lebih baik dan menjadi trend populer di tahun 2019. Manakah yang Anda gunakan dan Anda tunggu-tunggu perkembangannya?