Categories
Aplikasi

2019 WhatsApp melarang Penggunanya menggunakan Aplikasi Tidak Resmi

WhatsApp dilarang untuk sementara (temporarily banned), kebijakan baru ini diterapkan untuk pengguna yang memakai aplikasi tidak resmi alias modifikasi.

Siapa yang tidak tahu aplikasi WhatsApp, ya sebuah platform aplikasi messenger yang sangat populer. Tentu dan pasti banyak orang menggunakannya, sampai-sampai banyak juga para pengembang yang tertarik untuk membuat aplikasi modifikasi dari WhatsApp. Yang disebut WhatsApp MOD (modifikasi/telah diubah).

Ada banyak versi dari WA MOD yang dapat di download secara bebas di internet, diantaranya yang terkenal ialah WhatsApp Plus dan GB WhatsApp. Berbagai tampilan dan fitur banyak yang telah di modifikasi, seperti tema, huruf/font, dapat mengirim file besar, menyembunyikan tombol microfon dan banyak lagi. Mengotak-atik aplikasi hal kecil maupun besar tetap saja melanggar Terms of Service (TOS) WhatsApp .

Akun WhatsApp diblokir banned
WhatsApp di blokir/ banned

Dalam FAQ-nya, aplikasi milik Facebook ini akan memblokir akun-akun yang menggunakan versi modifikasi dari aplikasi WhatsApp (seperti yang disebutkan di atas).

WhatsApp juga menegaskan bahwa mereka tidak mendukung aplikasi pihak ketiga (mod) karena tidak dapat memvalidasi keamanan dari versi tersebut.

Cara mengembalikan Akun WhatsApp yang di blokir

Bagi pengguna yang menerima pesan dalam aplikasi, yang menyatakan bahwa akunnya diblokir, tentu kemungkinan ia menggunakan aplikasi yang tidak resmi.

Karena pemblokiran ini tidak menyebabkan di blokir secara permanen, akan tetapi hanya sementara saja. Anda hanya perlu beralih ke aplikasi WhatsApp yang resmi.

Akan tetapi jika masih bersikeras menggunakan aplikasi modifikasi, pihak WhatsApp menegaskan mungkin saja mereka akan memblokir secara permanen.

Disarankan untuk membuat cadangan obrolan terlebih dahulu sebelumnya beralih ke aplikasi resmi, jika ingin menyimpan percakapan Anda.

GB WhatsApp

Cara ini belum tentu dapat berjalan dengan sukses.

  1. Tunggu waktu yang telah ditentukan sampai blokir atau banned akun sementara berakhir.
  2. Ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat.
  3. Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File.
  4. Cari folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut.
  5. Pada sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama foldernya menjadi “WhatsApp”.
  6. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, unduh aplikasi di sini.
  7. Buka WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda.
  8. Pada bagian Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya.
  9. WhatsApp akan dimuat beserta chat yang telah tersimpan.

Untuk pengguna MOD WhatsApp Plus, jika riwayat chat Anda telah disimpan sebelumnya, riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *