Categories
Informasi Umum

Apa yang Google ketahui tentang Anda, dan sejauh mana ia mengetahuinya

Seberapa jauh layanan raksasa Google mengambil dan mengumpulkan informasi data penggunanya. Dan untuk apa semua data yang disimpan itu?

Google mengumpulkan data informasi Anda

Internet hampir merevolusi semua aspek kehidupan kita, bahkan tugas-tugas yang sulit bisa menjadi mudah. Cukup “ketuk” dan Anda bisa mendapatkan informasi apa pun yang Anda inginkan.

Komunikasi, transportasi, bisnis, pendidikan, informasi, belanja, hiburan, dan lainnya yang masih banyak lagi telah menjadi kekayaan sejak teknologi mengambil alih. Bayangkan kalu anda menghapus satu aplikasi rutinitas sehari-hari dari kehidupan kita, rasanya akan sangat berbeda.

Beberapa dari Anda mungkin sudah menyadari hal ini, tetapi banyak dari kita tidak mau data pribadinya disimpan di mesin raksasa itu. Setidaknya Anda juga perlu tahu informasi apa yang Google ketahui tentang Anda.

Seberapa baik Google mengenal Anda

Google mungkin saja bisa sangat tahu dan paham tentang Anda. Jumlah interaksi Anda dengan berbagai aplikasi akan membantu Google untuk lebih tahu tentang Anda. Kehidupan pribadi Anda tidak sepenuhnya privat. Layanan raksasa itu dapat mengidentifikasi, mengukur, dan bahkan melacak Anda berdasarkan informasi yang Anda input ke komputer dan ponsel setiap hari.

Pikirkan berapa banyak jumlah data yang telah Anda masukkan ke dalam aplikasi Google ini. Dari pencarian, foto, gambar, video dan lainnya.

  • Google Chrome
  • Google Maps
  • Youtube
  • Hangouts
  • Google Foto
  • Google Kalender
  • Iklan Google
  • Google Fit
  • Waze
  • Google Buku
  • Pencarian
  • Gmail

Semua aplikasi ini memberikan informasi yang dapat menggambarkan siapa Anda.

Apa yang Google ketahui tentang Anda

Aplikasi Google melacak informasi Anda dan menggabungkannya. Chrome tahu pencarian yang Anda lakukan, video youtube yang Anda suka & tidak suka, dan musik yang Anda dengarkan. Gmail tahu interaksi sosial dan komitmen kerja yang Anda miliki.

Lokasi

Banyak aplikasi Google yang melacak lokasi. Sebenarnya aman untuk mengatakan bahwa Google tahu di mana Anda tinggal, bekerja, tempat yang telah Anda kunjungi, tempat yang sering dikunjungi, berapa lama Anda tinggal di suatu lokasi, dan pola kunjungan Anda.

Google bisa melakukannya dengan bantuan Google maps (ada di setiap ponsel Android), Google Chrome (yang sudah terintegrasi), pencarian Google, Waze. dan Kalender Google. Bahkan yang menggunakan Apple juga mengunduh sebagian aplikasi tadi.

Mana yang Anda suka dan tidak suka

Tidak sulit bagi Google untuk melacak mana yang Anda suka dan tidak sukai. Google melakukannya dengan cara melihat pencarian Anda, Iklan yang Anda klik, dan aplikasi yang Anda gunakan.

Penyedia informasi utamanya adalah ialah Google pencarian, Chrome, News/berita, Google Belanja, dan Youtube. Aplikasi ini mengambil informasi dari toko Online yang Anda kunjungi, genre yang Anda sukai, berita yang Anda baca dan tontonan Anda.

Lingkaran Sosial

Aplikasi seperti Gmail dan Hangouts mengakses informasi tentang kontak dan percakapan yang telah Anda lakukan (itu dienkripsi secara otomatis).

Namun Maps tahu dengan siapa Anda pergi dan kepada siapa Anda membagikan lokasi Anda. Ini membantu Google untuk mengidentifikasi orang-orang yang berinteraksi atau bergaul engan dengan Anda, serta mencari tahu kemungkinan apa percakapan Anda. Google dapat mengidentifikasi teman terdekat Anda dan melacak tren mereka juga. Itu bukan melacak data pribadi saja tetapi seluruh lingkungan sosial Anda.

Jalur Web

Google memiliki semua daftar situs yang telah Anda kunjungi di internet, bookmark yang telah Anda simpan, pernyataan yang sering Anda buat, dan informasi yang sering Anda lihat. Baik itu data yang Anda isikan secara otomatis, jenis palikasi yang Andsa gunakan, dan dari hal-hal lainnya.

Google menyimpannya melalui aplikasi Google Search, Chrome, Gmail, dan layanan Google lainnya. Riwayat web disimpan di “Aktivitas Web” Akun Google Anda. Google melacak perilaku Anda dan menggunakan informasi itu untuk menargetkan iklan mereka supaya lebih relevan bagi pengguna. Jadi mungkin Anda akan melihat iklan, yang di mana item iklan itu sesuai (atau mungkin berkaitan) dengan apa yang Anda ulas/cari tahu melalui perangkat Anda.

Suara

Google Assistant mengenali suara Anda, ketika memberikan model suara, Google akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Anda berbicara. Dan mode suara Anda akan tersimpan di cloud Akun Google untuk meningkatkan layanannya.

Aplikasi Favorit

Google juga memantau Aplikasi mana yang sering Anda pakai. Di ponsel pintar Android, Google melacak semuanya mulai dari waktu di saat membukanya hingga menutupnya dan berapa kali Anda menggunakan aplikasi. Google tidak harus bekerja keras untuk mengetahui kebiasaan Anda dan Aplikasi yang sering Anda gunakan.

Rencana-rencana

Google juga tahu acara mendatang yang akan Anda hadiri atau tertarik, perjalanan yang telah direncanakan, dan pemesanan melalui pencarian, kalender, atau Gmail. Mereka juga tahu apa yang ingin Anda beli dan dapat melihat daftar keinginan Anda melalui Chrome.

Mungkin hanya itu yang di saja, tetapi sebenarnya masih ada banyak hal dan cara yang digunakan Google untuk lebih mengenal Anda. Itu semua berkat teknologi yang semakin lama semakin canggih, dan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan menjadi yang sangat berpengaruh dalam semuanya.

Orang-orang masih belum menyadari bahwa data mereka telah dikumpulkan dan dikompromikan. Tetapi layanan yang ditawarkan Google sangatlah bermanfaat dan mungkin sulit untuk dilepaskan.