Apa itu Format HEIC dan HEIF pada Foto? Ini Penjelasannya

What is a HEIC or HEIF file

Apa itu format gambar baru HEIC dan HEIF atau High Efficiency Image Format yang digunakan oleh iPhone Apple. Kalau dibandingkan dengan jpg/jpeg ternyata ternyata HEIF lebih unggul, dan kini format tersebut telah hadir di Android P. Tapi sayangnya tidak semua ponsel Android P mendukungnya.

Format gambar kali ini lebih modern dan kemungkinan juga dapat digunakan sebagai pengganti dari format JPEG.

Umumnya format gambar heif menggunakan ekstensi .HEIC. Biar gak bingung di sini akan membahas satu persatu format gambar HEIF dan HEIC.

Apa Itu Format Gambar HEIF?

Format HEIF adalah format gambar yang lebih baru, dan dikelola dengan codec yang lebih canggih. Nah, perlu diketahui format HEIF menggunakan metode kompresi yang lebih modern. Metode tersebut didasarkan pada format codec High Efficiency Video Compression, yang juga biasa dikenal dengan HEVC atau H.265.

Format HEIF memiliki kelebihan yang di mana; ukuran file gambar lebih kecil dan kualitas gambar yang lebih tinggi dari JPEG (versi lama). Jadi, bisa dikatakan HEIF lebih baik dari JPEG.

format foto heic heif, apa itu

Meski format ini mulai ada pada iPhone Apple dengan IOS 11, format foto ini bukanlah teknologi milik Apple. Tapi ini milik Moving Picture Experts Group (MPEG) standar.

Bagi pengguna android, tentunya tidak bisa menikmati teknologi HEIF, kecuali bagi yang telah menggunakan Android versi 9 atau P ke atas. Itu pun tidak semua perangkat mendukungnya, terutama ponsel kelas bawah.

Menurut MPEG dan Apple, format gambar HEIF memiliki setengah dari ukuran file gambar JPEG dengan kualitas sama – atau bahkan dalam beberapa kondisi bisa lebih baik lagi.

Keunggulan tidak hanya dari segi kualitas dan ukuran saja. Gambar HEIF juga terdapat fitur yang tidak ada pada format JPEG, seperti transparan, 16-bit warna dan juga Animasi seperti GIF. Animasi yang dapat disimpan pun juga lebih banyak dengan ukuran file yang lebih kecil.

Apakah HEIF Lebih Baik Daripada JPEG

Iya, Format Gambar Efisiensi Tinggi atau HEIF merupakan peningkatan dari format JPEG dalam segala hal. Dengan menggunakan skema kompresi yang lebih modern, yang dapat mengurangi setengah dari ukuran data file JPEG.

Semakin tinggi megapixel pada kamera, foto akan jadi lebih detail. Ukurannya pun juga kan semakin besar. Jadi heif bisa menjadi solusi di masa mendatang, kenapa?

Karena ukuran foto HEIF bisa setengah dari JPEG, ketika menyimpan 2 foto HEIF sama halnya dengan menyimpan 1 foto JPEG. Jadi dengan adanya format baru ini dimungkinkan dapat menghemat penyimpanan atau sebaliknya yaitu dapat menyimpan foto 2 kali lebih banyak.

Apa itu File HEIC?

Jika mengambil foto di iPhone atau iPad Apple, foto akan disimpan dalam format ekstensi file .HEIC. Lalu apa itu?

Format HEIC adalah format file yang dapat menyimpan suara dan gambar, yang di mana itu didasarkan dari base codec HEVC. Gambar yang dimaksud adalah format gambar HEIF.

Saat mengambil gambar dengan fitur Live Photos pada iPhone maka akan disimpan dengan format File .HEIC. Isi file tersebut adalah beberapa foto heif dan file suara yang direkam.

Kenapa format foto heic?

Agar format foto tidak lagi heic de perangkat iOS Apple , kamu perlu mengaturnya di pengaturan. Caranya buka “Pengaturan” > “Kamera”, lalu ketuk “Format” dan ketuk “Paling Kompatibel”.

Nah fitur Most Compatible atau paling kompatibel pada iOS Apple telah diaktifkan, yang di mana foto akan disimpan dalam format .JPG dan file video .MOV. Jadi fitur tersebut bertujuan supaya foto yang diambil dapat dibuka/diakses pada sistem operasi lain.

Perbandingan HEIF vs JPG/JPEG

gambar JPG yang akan diconvert/diubah ke HEIC
Video H.264 dan Gambar format JPG
Video HEVC dan Gambar format HEIC

Dari perbandingan di atas sudah perbedaannya jauh. Dari Video format H.264 dengan HEVC, serta JPG dengan HEIC. yang diambil dari iPhone 7. Sumber: idownloadblog.com.

Kekurangan HEIF dan HEIC

Salah satunya kelemahan ialah menggunakan foto HEIF atau HEIC adalah kompatibilitas, yang di mana banyak perangkat yang belum support format gambar modern ini.

Bahwasanya iPhone dan iPad secara otomatis mengonversi gambar menjadi JPEG ketika melampirkannya ke email atau membagikannya kelayanan lainnya (yang tidak mendukung file HEIF). Termasuk juga ketika mengimpor gambar ke PC Windows. Memang IOS Apple dirancang untuk secara otomatis membuatnya se-kompatibel mungkin.

Sementara MAC dapat membaca file .HEIF dan .HEIC dimulai macOS High Sierra. Windows 10 menawarkan dukungan untuk file-file ini, dengan cara memasang codec HEVC dan HEIF. Sementara Google sebagai pengembangan Android juga telah menambahkan dukungan untuk format baru ini pada Android versi 9 yaitu Android PIE. Dan itu pun tidak semua perangkat bisa memakai dukungan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *