Categories
Internet

Apa itu Internet Fiber Optik, Berapa Kecepatannya

Sekilas mengenai Fiber optik atau serat optik, jaringan internet dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Internet Fiber merupakan perubahan cara transfer data internet di seluruh dunia. Ini lebih cepat daripada kabel, apalagi dial-up, dan menjadi pilihan terbaik dalam kemampuan kecepatannya.

Kabel Fiber Optik

Sebelum Fiber, ada DSL dan Kabel

Digital Subscriber Line (DSL) menggunakan saluran telepon untuk mengirim data, bahannya terbuat dari tembaga yang memiliki kecepatan yang lambat – maksimalnya hingga 24Mbps.

Internet kabel menggunakan kabel coaxial yang juga terbuat dari tembaga. Infrastruktur yang digunakan sama seperti TV kabel. Sehingga banyak penyedia layanan yang menawarkan paket Internet dan layanan TV. Kecepatan maksimal bisa mencapai 100 Mbps.

Internet Fiber Optik

Fiber Optik (transmisi cahaya)
Fiber Optik (transmisi cahaya)

Kabel Fiber merupakan serat/fiber dari kaca (yang diameternya sedikit lebih besar dari rambut) untuk mengirimkan data menggunakan transmisi cahaya (bukannya listrik). Sehingga tidak mengalami gangguan elektromagnetik. Metode ini membuat internet fiber memiliki kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dapat menjadi pilihan terbaik dalam memasang jaringan internet di rumah.

Proses instalasi dilakukan oleh para ahli, sehingga biayanya akan lebih mahal. Internet dengan Fiber Optik dapat mengirim data dengan jumlah yang sangat besar, hingga bisa mencapai 1Gbps per detik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *