Categories
Smartphone

Apa Kelebihan Layar OLED pada Smartphone (dalam mode gelap)

Tahukah kamu apa saja keunggulan dan bagusnya layar OLED dalam smartphone dan Apa hubungannya dengan fitur Dark Mode (Mode Gelap). sangat berbeda dengan LCD lho

Tahukah Kamu smartphone dapat bertahan lebih lama (awet baterai), jika kamu mengunakan aplikasi dengan tampilan yang lebih gelap. Ini tergantung pada teknologi layar yang digunakan.

Tentang Layar OLED

Layar yang lebih terang itu lebih banyak menggunakan listrik. Dengan menurunkan kecerahan dapat menghemat baterai ponsel. Tapi, itu tidak semuanya sama. Sebagian besar, layar pada ponsel menggunakan dua jenis teknologi berbeda untuk panel layarnya: LCD (liquid crystal display) dan OLED (organic light-emitting diode).

Layar OLED dalam dark mode

LCD menggunakan dioda pemancar cahaya (lampu kecil bertenega listrik) untuk menyinari kotak pixel berwarna, masing masing serisi sel merah, hijau, dan biru. Ini bisa disebut LED-LCD. atau kadang-kadang disebut LED saja.

Organic LED (OLED) menggunakan proses pembangunan yang menggabungkan piksel dan lampu menjadi satu bagian, setiap piksel memancarkan cahayanya sendiri. Ada banyak manfaat; rasio kontras yang unggul, warna yang lebih jelas, dan efisiensi daya yang lebih baik.

Tapi yang paling menarik ialah dapat menampilkan warna hitam yang benar benar hitam, karena bagian piksel dengan warna hitam itu mati/tidak muncul cahaya dan tidak menggunakan listrik. Tidak seperti LCD/LED yang akan terus menggunakan daya baterai walaupun layar menampilkan warna hitam.

Tampilan matriks RGB pada layar OLED.
Tampilan layar OLED jika diperbesar.

Di tahun 2012 lalu Smartphone Moto X memiliki mode layar yang selalu menyala untuk menampilkan notifikasi, jam, dan baterai. Dalam mode layar selalu aktif ini cukup menggunakan daya listrik yang sangat kecil, kurang dari 1% per jam, dengan keunggulan layar OLED.

Berapa Banyak Daya baterai yang Dapat di Hemat dari Tampilan Dark Mode

Layar OLED tidak menghemat daya secara signifikan kecuali piksel yang ditampilkan benar-benar hitam. Google membuat presentasi, mode gelap dapat menghemat antara 15% dan 60% daya baterai daripada mode cerah (putih), tergantung pada pengaturan kecerahan keseluruhan layar.

Jadi singkatnya ada 4 kelebihan pada layar OLED, yaitu:

  • Efisiensi daya yang sangat baik.
  • Warna lebih jelas.
  • Rasio kontras lebih unggul.
  • Menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam.

Jadi bagaimana tertarik untuk memiliki Smartphone dengan layar OLED.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *