Categories
Informasi Umum

Mulai bersaing di era Kehidupan Ekonomi Digital

Sekarang adalah era ekonomi digital, pelaku bisnis harus mulai pintar dalam melakukan pemasaran di dunia Digital. Maka dari itu inilah saatnya memakai cara digital marketing life hack.

Sudah lama kita telah memasuki era Revolusi Industri ke 4. Era dimana semua telah serba teknologi.

Di era serba teknologi ini para pebisnis harus mulai mengenal tentang teknologi. Supaya mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk memajukan bisnisnya. Kalau tidak, bisa dipastikan di kemudian hari bisnis mereka tidak akan maju atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Dalam berbisnis kunci dari kesuksesan diawali dengan ketekunan dan kerja keras. Di samping itu ide dan pikiran juga harus dikerahkan untuk ber-kreatifitas.

Terlebih lagi dalam hal pemasaran, mereka harus lebih mengasah ide dan pikirannya untuk mencari konsumen.

Di zamannya media Digital, para pelaku bisnis harus tahu bahwa hampir di setiap saat dan setiap hari mayoritas masyarakat (sebagai calon konsumen) terhubung ke internet (online). Baik itu menggunakan perangkat smartphone maupun laptop.

Data pengguna Internet

Data analisis dari We Are Social diatas menunjukkan bahwa rata-rata orang indonesia menggunakan waktunya selama 8 jam 36 menit untuk berselancar di internet. Kemudian disusul Media Sosial dengan waktu selama 3 jam 26 menit.

Berbekal-kan smartphone mereka bisa mendapatkan berbagai informasi dengan sangat luas dan sangat cepat. Seperti halnya saat mencari suatu produk atau informasi, hampir dipastikan masyarakat akan mencarinya terlebih dahulu di internet.

Tentu, ini menjadi sebuah peluang besar bagi pebisnis dalam memperkenalkan produknya di internet.

Lewat pemasaran digital atau digital marketing kita akan memperkenalkan produk kepada pengguna internet. Yang tentunya cara ini bisa diterapkan untuk bisnis apapun.

Metode digital marketing akan sangat berbeda dengan apa yang didapatkan ketika memakai media pemasaran offline; seperti iklan di pinggir jalan, koran, atau brosur.

Kalau iklan di pinggir jalan tidak memberikan informasi atau gambaran produk secara lebih detail dan lengkap. Tapi kalau iklan Digital calon konsumen dapat melihat lebih detail mengenai produk yang anda tawarkan.

Nah, sekarang tahu kan mengapa Digital Marketing sangat penting untuk bisnis. Tidak harus untuk bisnis dalam skala besar atau menengah. Usaha mikro kecil yang baru memulai bisnis pun juga diharuskan. Jika tidak, dipastikan di kemudian hari akan tersingkir, karena kalah bersaing dengan produsen lain.

Keunggulan Digital Marketing

Jangan mengira digital marketing itu susah, padahal ini mudah. Bahkan semua para pelaku bisnis bisa menggunakannya. Selain itu banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menerapkan digital marketing.

1. Dapat Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Sudah dijelaskan di atas, mayoritas masyarakat indonesia banyak yang menggunakan waktunya untuk online. Dan jumlahnya pun mencapai 170 juta jiwa. Di mata seorang pebisnis mereka adalah para calon konsumen. Yang di berbagai waktu dan tempat mereka dapat melihat produk anda.

Terlebih lagi Anda dapat menargetkan konsumen. Ini artinya Anda dapat memperkenalkan produk kepada seseorang yang dimana orang itu sedang mencarinya.

2. Dapat menghemat Biaya, Waktu dan Tenaga

Coba pikirkan pemasaran tradisional itu banyak memakan biaya untuk mengurus iklan, serta waktu dan tenaga dalam untuk keliling memperkenalkan produk.

Berbeda dengan pemasaran digital, biaya kecil pun bisa digunakan untuk mempromosikan produk, serta tidak harus mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk menyebarkan iklan. Kapan saja dan dimana saja Anda dapat memperbarui informasi tentang bisnis anda.

Cara pemasaran di era kehidupan digital

Persaingan di era kehidupan digital marketing

Pemasaran lewat media online menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif. Tapi tahukah Anda? bahwa banyak pebisnis yang telah menerapkan digital marketing, sehingga di kehidupan ekonomi digital ini banyak juga pelaku bisnis yang bersaing dalam Digital Marketing.

Ya, mereka berlomba-lomba dalam memperkenalkan dan menawarkan produk mereka. Ide, pikiran, dan kreatifitas mereka kerahkan semaksimal mungkin untuk mencari dan memperebutkan calon konsumen dengan cara yang unik dan menarik.

Mula-mula mereka mencari sebanyak mungkin calon konsumen dan memperkenalkan produknya. Kemudian bagaimana supaya calon konsumen itu bisa tertarik untuk melihat-lihat produknya, berminat untuk membelinya, puas dan nyaman dalam memakainya, hingga timbul kepercayaan dan menjadi seorang pelanggan.

Tapi itu semua membutuhkan waktu. Inilah yang membuat para pebisnis dan digital agency memutar otak. Bagaimana caranya agar bisa lebih cepat dalam memperkenalkan produknya ke semua orang dan mencari konsumen sebanyak mungkin.

Sehingga dalam kehidupan pemasaran digital digunakan-lah ide “life hack” dalam kehidupan digital marketing. Atau bisa artikan sebagai segala trik, jalan pintas, keterampilan, atau metode baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dan ini yang menjadi tren dalam kehidupan digital marketing saat ini.

Dimungkinkan metode hacking digital marketing akan selalu dibutuhkan bagi para pebisnis ataupun digital agency.

Tips menang bersaing dalam digital marketing

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam digital marketing life hack. Yang inti dari semuanya ialah kreatifitas.

Aktif di Sosial Media

Pemasaran di media sosial

Sosial media menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan produk, serta menjadi perantara terbaik untuk menghubungkan produsen dengan konsumen.

Cari Konsumen Anda

Mempromosikan produk di sosial media! Tapi itu membutuhkan pengikut supaya banyak orang tahu apa yang Anda promosikan.

Jadi hal yang pertama Anda lakukan adalah membuat bisnis anda diketahui sebagian orang. Itu bisa dilakukan lebih cepat dengan membuat konten yang menarik dan tentunya masih berkaitan dengan produk anda.

Bagaimana cara membuat konten yang se-menarik mungkin?

Konten Anda akan dikatakan menarik bila memberikan manfaat dan jawaban bagi yang membacanya yaitu para konsumen Anda. Jadi buatlah konten yang dapat membantu orang lain.

Untuk life hack-nya Anda buat konten viral atau lucu yang dapat menghibur orang. Karena dibalik itu semua dapat menarik orang lain untuk melakukan share. Sehingga nantinya akan ada banyak orang yang melihat konten Anda, dengan begitu mereka juga akan melihat bisnis Anda. Hingga akhirnya bisa jadi mereka mulai mengikuti Anda.

Saat Anda mendapatkan banyak pengikut, dan anda memposting produk. Maka nanti akan ada banyak orang yang melihat postingan produk Anda.

Posting Konten Tips mengenai produk Anda

Jangan hanya promosi, tapi majukan bisnis Anda juga dengan memberikan tips bagi konsumen Anda. Tujuannya supaya konsumen Anda memiliki hubungan dengan bisnis Anda. Secara tidak langsung ini akan merubah konsumen menjadi pelanggan yang setia menggunakan produk anda.

Orang yang baru melihat bisnis Anda di media sosial pun juga akan suka dengan bisnis Anda.

Pakai Gambar yang menarik

Perlu Anda tahu juga bahwa banyak orang yang lebih suka dan tertarik dengan konten bergambar. Dengan Gambar juga, dapat membuat mereka ingin melihat dan membaca konten Anda.

Begitu juga dengan produk, sebagian orang itu membeli produk karena melihat gambar. Nah disini Anda juga harus tahu trend desain untuk bisa membuat gambar yang bagus.

Buat program berhadiah

Setia orang pasti mau jika mendapatkan hadiah gratis. Nah ini bisa dijadikan ide untuk mempromosikan produk Anda. Bagaimana caranya?

Di media sosial anda buat kuis dengan hadiah yang menarik. Contohnya, Anda buat pertanyaan yang mudah tentang bisnis Anda, lalu posting dan pemenang yang beruntung nantinya akan mendapatkan saldo gopay sebesar 100 ribu untuk 3 orang.

Tapi dengan syarat peserta harus mengikuti akun media sosial Anda dan mengajak 3 orang temannya untuk mengikuti kuis.

Ketika semakin banyak yang mengikuti kuis, bisnis Anda juga akan dilihat banyak orang. Karena setiap peserta telah mengajak 3 temannya.

Buatlah Website untuk Bisnis Anda

website penting untuk bisnis

Situs Web atau Website menjadi bagian penting dalam bisnis digital. Ia dapat berfungsi dalam berbagai hal. Seperti identitas bisnis, media untuk melampirkan produk yang dijual, dan lebih dari itu. Anda dapat membuat toko online milik anda sendiri.

Ketika memiliki website hal terpenting yang harus Anda memperhatikan adalah kualitas website. Jangan sampai calon konsumen yang baru datang tiba-tiba pergi begitu saja. Mungkin karena tidak nyaman dengan tampilan websitenya yang buruk atau sebagainya.

Nah, disini Anda butuh life hack supaya situs anda bisa menarik banyak konsumen.

Pilih layanan terbaik untuk website Anda

Dalam membuat website dibutuhkan yang namanya domain dan hosting. Ini adalah hal yang penting. Layanan hosting yang baik tidak akan menjadikan website anda bermasalah seperti halnya lemot.

Layanan terbaik belum tentu mahal. Di Domainesia Anda bisa mendapatkan layanan Web hosting murah dan berkualitas. Layanan ini sangat cocok bagi yang baru memulai bisnis atau baru ingin membuat website untuk bisnis.

Di layanan Domainesia juga bisa mencari nama domain yang terbaik untuk bisnis Anda. Anda bisa cek di www.domainesia.com/domain.

Domain dan hosting dari domainesia

Bicara tentang layanan domainesia, apa sih keunggulannya?

  1. Harganya murah, domainesia menawarkan harga murah mulai dari 16.000 per bulan.
  2. SSD super cepat , domainesia memberikan performa website secepat kilat yang berlaku untuk semua paket.
  3. Garansi 99.9% uptime, ini artinya Website dapat diakses 24 jam penuh dan hampir tidak akan ada gangguan.
  4. Garansi uang kembali, jika tidak puas dengan layanan domainesia Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan telah memberikan uang kembali.
  5. Support penuh 24/7, domainesia memberikan pelayanan terbaik ke tiap customer selama 24 jam.

Gunakan Tampilan Website yang Menarik

Membuat konsumen senang adalah hal yang penting. Tampilan website yang buruk dapat membuat bingung konsumen, yang pada akhirnya membuat mereka pergi.

Tampilan Website juga menunjukkan kualitas bisnis. Tapi sayangnya banyak pelaku bisnis yang kurang memperhatikan tampilan websitenya. Tanpa disadari ini dapat menurunkan tingkat keyakinan calon konsumen.

Ada banyak tema di internet dengan berbagai tampilan yang bisa anda gunakan di website anda, tapi yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola tampilan website ialah:

  • Memilih tema yang sesuai dengan bisnis anda, ringan, dan memiliki desain yang bagus.
  • Mengatur tema se-menarik mungkin untuk bisnis anda, seperti mengatur warna, navigasi, logo dan lainnya.
  • Gunakan gambar yang menarik, bagus dan memiliki kualitas yang baik. Karena sebagian orang itu akan mulai tertarik dengan gambar.

Buat konten

Dalam mencari konsumen, Anda bisa melakukannya dengan membuat konten di website Anda. Utamanya mengenai konten yang tema-nya berkaitan dengan bisnis Anda. Cara kerjanya begini.

Contohnya: Anda seorang penjual berbagai jenis sepatu. Anda membuat konten tentang “Sepatu yang cocok untuk baju batik pria” di situs Anda, serta dengan menambahkan promosi dari produk sepatu Anda. Lalu mempublikasikan-nya.

Ketika ada orang yang mencari “sepatu untuk baju batik” di internet. Orang itu menemukan konten di situs Anda. Saat baca-baca dan baca, ia juga melihat promosi Anda. Akhirnya ia tertarik dengan produk sepatu Anda dan membelinya.

Disini poin-nya adalah pemasaran Anda ditujukan kepada orang yang tepat, yaitu orang itu memang sedang mencari sepatu.

Riset Kata kunci

Cari dan riset kata kunci

Bagaimana supaya orang bisa dengan mudah menemukan konten dan produk Anda di internet. Nah ini yang harus Anda pikirkan juga.

Orang mencari sesuatu di internet menggunakan mesin pencari. Di mesin pencari tersebut apa yang mereka cari akan dimunculkan. Masalahnya mereka mencari dengan kata kunci apa?

Nah itulah yang harus Anda riset. Anda mencari berbagai informasi kata kunci yang dimungkinkan orang lain menggunakan kata kunci itu untuk mencari di mesin pencari. Saran saya, Anda coba pakai Ubersuggest dan Google Trend. Kemudian hasil riset tersebut Anda gunakan untuk menentukan kata kunci yang cocok untuk konten dan produk Anda.

Contohnya gini, Anda menjual produk sepatu dan memberikannya judul “sepatu murah”. Tapi kalau sepatu Anda itu adalah sepatu pria, Akan lebih bagus lagi jika Anda memberikan judul “sepatu pria murah”.

Tapi masih ada persaingan, banyak produk lain yang juga bermunculan. Nah di sinilah ide dan kreatifitas Anda sangat diperlukan untuk menyajikan konten dan produk Anda se-menarik mungkin. Supaya Anda dapat menduduki posisi terbaik di mesin pencari.

Promosikan Produk Anda ke Tempat populer

Promosikan Produk Anda ke Tempat populer

Tempat yang populer selalu dipenuhi dengan pengunjung dengan jumlah yang sangat banyak. Seperti situs web atau channel youtube. Dengan mempromosikan produk di tempat-tempat tersebut tentunya Anda bisa mendapatkan konsumen yang sangat melimpah. Tapi bukan dengan cara beriklan ya.

Life hack kali ini, Anda bekerja sama dengan pemilik tempat yang sudah populer untuk menampilkan konten yang berisikan produk Anda.

Contohnya, Anda adalah seorang penjual berbagai jenis sepatu, dan Anda mencari tempat populer yang cocok masih bisa dikaitkan dengan bisnis Anda salah satunya blog traveling. Kemudian Anda bekerja sama dengan pemilik blog itu (blogger) untuk menerbitkan konten di sana.

Nah Anda berikan konten itu dengan judul “sepatu yang cocok untuk liburan”, dan sepatu yang dibahas dalam konten itu adalah produk Anda. Ini artinya Anda telah memasarkan produk Anda.

Supaya lebih maju, cobalah bekerja sama dengan para vlogger terkenal (atau bisa dikatakan sebagai orang yang mempunyai banyak followers/pengikut). Jangan salah, ini adalah sebuah metode yang sangat bagus, dikarenakan sekarang konten video sangat banyak peminatnya.


Artikel Ini diikut sertakan dalam lomba BLOG! & LOCK YOUR PRIZE yang dipersembahkan oleh domainesia.

Sumber gambar: freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *